Dalam menghadapi era komunikasi digital masa kini, perusahaan dituntut untuk lebih strategis dalam menyampaikan pesan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Kampanye komunikasi strategis memainkan peranan penting dalam membentuk persepsi publik terhadap inisiatif CSR. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi komunikasi yang digunakan dalam kampanye #BuktiBaktiBCA dan bagaimana kampanye tersebut mendorong kesadaran dan keterlibatan masyarakat terhadap program CSR BCA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam yang melibatkan informasi baik dari tim komunikasi perusahaan BCA serta audiens yang menjadi target kampanye. Dalam penelitian ini menggunakan kerangka empat tahapan strategi Public Relations dari Cultip, Center, dan Broom yaitu (1) Temuan Fakta, (2) Perencanaan dan Programming, (3) Aksi dan Komunikasi, (4) Evaluasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa kampanye ini berhasil merumuskan dan menyampaikan pesan CSR melalui konten yang relevan, storytelling digital, kolaborasi dengan key opinion leader dan influencer. Penggunaan narasi yang tepat dan konsistensi pesan di berbagai platform digital terbukti mampu meningkatkan kesadaran dan mendorong partisipasi publik. Strategi ini efektif dalam membangun hubungan dengan audiens dan memperkuat citra perusahaan sebagai entitas yang peduli sosial. Evaluasi terhadap kampanye dilakukan secara aktif melalui pemantauan interaksi dan feedback antusiasme audiens terhadap kampanye. Temuan penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan strategis yang efektif dalam komunikasi CSR yang selaras dengan nilai dan perilaku target audiens guna memperkuat reputasi perusahaan dan dampak sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan praktik komunikasi CSR yang efektif dan wawasan strategis untuk kampanye selanjutnya khususnya pada sektor perbankan di Indonesia.
Perpustakaan Digital ITB