digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sandbox adalah permainan daring yang bertransformasi menjadi proyek metaverse. Saat ini Sandbox menjadi proyek metaverse kedua terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Selain menciptakan mata uang digital dengan kode SAND, mereka membuat sebuah perumahan digital dengan nama LAND. Dalam perumahan digital tersebut pengguna bisa berinteraski dan bertemu dalam event seperti konser dan rapat. Dalam riset ini, penulis menggabungkan analisa internal dan external dari Sandbox untuk mengkorelasikan dengan isu bisnis saat ini, Dengan adanya evolusi penggunaan internet menuju Web 3.0 diiringi dengan pengumuman oleh Facebook (sekarang Meta) yang memfokuskan bisnis mereka untuk mendalami metaverse, harga cryptocurrency yang tergolong metaverse mengalami kenaikan signifikan. Pada Q3 2021 sendiri, SAND mengalami peningkatan lebih dari 500%. Hal ini juga menyebabkan peningkatan pada harga perumahan digital yang mereka ciptakan. Saat ini Sandbox berada pada urutan 33 berdsarkan kapitalisasi pasar pada pasar mata uang digital. Selain itu perumahan digital mereka, LAND berada pada urutan 6 di Opensea.io berdasarkan volume transaksi Token tidak sepadan (NFT). Sandbox pun telah melakukan beberapa kerja sama dengan beberapa perusahaan dan investor besar seperti Softbank, Adidas, Samsung dan LG. Hal ini menunjukan perusahan dan investor tersebut percaya akan proyek Sandbox memiliki prospek besar dalam masa depan. Dengan 166.464 LAND yang dapat dibeli sebagai asset investasi, sebab memberikan imbalan yang dibayarkan dalam bentuk mata uang digital, proyek ini menjadi hal yang menarik untuk investor bergabung