digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP PATRICIA ABBYGAIL 1.pdf ]
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Dalam beberapa tahun terakhir, Industri game berkembang dengan pesat dan telah menjadi salah satu pokok hiburan dan gaya hidup modern. Di Indonesia, meski industri game-nya masih tergolong kecil dibandingkan negara lain, secara perlahan terus meningkat dengan konsisten, baik dari segi mekanik maupun estetika. Meskipun game berupa media naratif yang fleksibel, budaya Indonesia sangat kurang terwakili dalam industri kreatif. Kuesioner dibagikan kepada pemain game berusia 18-34 tahun untuk memetakan minat umum terhadap world building, game, dan industri game Indonesia sebagai penelitian kuantitatif, sementara dua ahli dalam industri game diwawancarai tentang world building dalam game sebagai penelitian kualitatif. Studi literatur dan dokumentasi dilakukan sebagai penelitian kualitatif dan sebagai landasan world building. Hasil dari penelitian ini adalah proyek kreatif world building untuk sebuah game fantasi yang terinspirasi dari Kawah Ijen, Indonesia.