Perancangan karakter merupakan salah satu jenis kekayaan intelektual dalam
industri kreatif Indonesia yang sedang berkembang pesat. Dari berbagai cara
untuk menumbuhkan kekayaan intelektual, YouTuber virtual adalah salah satu
alternatif yang telah mengalami banyak kemajuan di pasar. Fungsi personal
branding dan interaksi yang dapat dibangun dengan penonton adalah potensi
untuk memperdalam tema budaya tradisional Indonesia. Karya industri kreatif
Indonesia yang ada masih sangat banyak dipengaruhi oleh budaya populer di luar
Indonesia sehingga generasi muda lebih tertarik dengan tradisi budaya di luar
Indonesia. Salah satu tradisi Indonesia yang terancam adalah ulos karena
penerapannya pada industri kreatif belum kuat. Solusi dari permasalahan tersebut
adalah dengan mengadaptasi ulos melalui metode ATUMICS dan teori desain
karakter menjadi sebuah desain karakter virtual YouTuber yang dapat bersaing di
pasar internasional dan membangkitkan kembali minat kalangan dewasa muda.
Perubahan artefak budaya memiliki aturan agar tidak merusak tradisi yang ada. Di
sisi lain, perubahan harus disesuaikan dengan perkembangan dewasa muda saat
ini. Data yang diperoleh melalui studi pustaka, wawancara, observasi dan survei
digunakan sebagai peta empati untuk perancangan karakter dengan pendekatan
budaya tradisional. Setelah proses transformasi, desain karakter virtual YouTuber
dapat diterapkan pada media live streaming YouTube untuk kreasi konten yang
dekat dengan topik budaya tradisional Indonesia. Pada akhirnya, mengadaptasi
budaya tradisional seperti ulos dapat menarik perhatian kaum muda dalam bentuk
YouTuber virtual dan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk lebih
memperhatikan budaya tradisinya.