digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP DANIEL WILLIAM 1.pdf
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Perancangan karakter merupakan salah satu jenis kekayaan intelektual dalam industri kreatif Indonesia yang sedang berkembang pesat. Dari berbagai cara untuk menumbuhkan kekayaan intelektual, YouTuber virtual adalah salah satu alternatif yang telah mengalami banyak kemajuan di pasar. Fungsi personal branding dan interaksi yang dapat dibangun dengan penonton adalah potensi untuk memperdalam tema budaya tradisional Indonesia. Karya industri kreatif Indonesia yang ada masih sangat banyak dipengaruhi oleh budaya populer di luar Indonesia sehingga generasi muda lebih tertarik dengan tradisi budaya di luar Indonesia. Salah satu tradisi Indonesia yang terancam adalah ulos karena penerapannya pada industri kreatif belum kuat. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengadaptasi ulos melalui metode ATUMICS dan teori desain karakter menjadi sebuah desain karakter virtual YouTuber yang dapat bersaing di pasar internasional dan membangkitkan kembali minat kalangan dewasa muda. Perubahan artefak budaya memiliki aturan agar tidak merusak tradisi yang ada. Di sisi lain, perubahan harus disesuaikan dengan perkembangan dewasa muda saat ini. Data yang diperoleh melalui studi pustaka, wawancara, observasi dan survei digunakan sebagai peta empati untuk perancangan karakter dengan pendekatan budaya tradisional. Setelah proses transformasi, desain karakter virtual YouTuber dapat diterapkan pada media live streaming YouTube untuk kreasi konten yang dekat dengan topik budaya tradisional Indonesia. Pada akhirnya, mengadaptasi budaya tradisional seperti ulos dapat menarik perhatian kaum muda dalam bentuk YouTuber virtual dan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk lebih memperhatikan budaya tradisinya.