digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP ANINTAN SAVYTRI 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Setiap siswa memiliki kewajiban untuk belajar. Selama belajar di kelas semua siswa belajar dengan cara yang sama. Menerima apa saja yang diinformasikan oleh guru mereka dan kemudian mengolah informasi tersebut dengan cara masing-masing. Namun, tidak semua bisa menerima materi dengan baik. Salah satu solusi untuk menangani permasalahan tersebut adalah dengan memperbaiki gaya belajar siswa. Terdapat berbagai model belajar yang dapat digunakan siswa, salah satunya adalah gaya belajar VARK yang bisa menjadi patokan darimana siswa harus mulai belajar dengan baik dan efektif. Gaya belajar ini juga sudah divalidasi masih relevan dan merupakan gaya belajar yang mendetail untuk dijadikan patokan. Rancangan ini dilakukan untuk mengenali gaya belajar VARK ke siswa SMP-SMA melalui komik interaktif. Media ini dipilih karena penyampaian materi melalui komik lebih mudah dicerna dan menarik perhatian untuk siswa berdasarkan hasil studi literatur. Riset diawali dengan studi literatur yang berkaitan dengan kesulitan belajar remaja, gaya belajar VARK, komik, dan interaktivitas dalam komik. Kemudian dilakukan wawancara dengan psikolog mengenai validitas VARK dan wawancara dengan ahli komik mengenai penyampaian materi dalam komik. Hasil wawancara kemudian dikaitkan dengan kuesioner mengenai kebiasaan dan kesulitan siswa selama belajar. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner, didapatkan cara penyampaian materi melalui storytelling sederhana yang dekat dengan remaja. Selain itu, remaja lebih menyukai webcomic dengan gaya gambar kartun 2 dimensi. Konten dalam komik interaktif ini berfokus pada storytelling dan dibagi menjadi 4 episode utama yang masing-masing akan memiliki karakter utama. Karakter utama per episode merupakan personifikasi dari gaya belajar VARK yang dirancang sesuai dengan karakteristik masing-masing gaya belajar.