digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam persaingan global ini, produsen dan pengecer fesyen perlu menerapkan strategi yang dapat berlaku secara global untuk mencapai penjualan tinggi, dimana penjualan tinggi dapat diperoleh melalui niat pembelian pelanggan (purchase intention). Citra negara asal (country of origin image), persepsi kualitas (perceived quality), persepsi kredibilitas selebritas (celebrity perceived credibility), dan citra merek (brand image) adalah variabel yang terkait dengan niat pembelian (purchase intention). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian merek pakaian olahraga Skechers dan pengaruh persepsi kredibilitas selebriti terhadap niat pembelian merek pakaian olahraga Skechers di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang digunakan dalam mengumpulkan data dari 214 responden yang telah dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria. Kemudian, peneliti menggunakan PLS-SEM untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1.) Citra merek, persepsi kualitas, dan persepsi keahlian selebritas dapat secara signifikan dan positif mempengaruhi niat pembelian; 2.) Persepsi daya tarik selebritas mempengaruhi niat beli secara signifikan tetapi negatif; 3.) Citra negara asal dan persepsi kepercayaan selebritas mempengaruhi niat beli secara positif tetapi tidak signifikan; 4.) Citra negara asal mempengaruhi citra merek secara positif dan signifikan sementara mempengaruhi persepsi kualitas secara positif tetapi tidak signifikan; 5.) Citra merek mempengaruhi persepsi kualitas secara positif dan signifikan; 6.) Terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan antara citra negara asal dan niat beli melalui citra merek, juga melalui citra merek dan persepsi kualitas. Terdapat pula pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan antara citra merek dan niat beli melalui persepsi kualitas, serta pengaruh tidak langsung positif dan signifikan antara citra negara asal dan persepsi kualitas melalui citra merek.