digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Tyar Ratuannisa
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

BAB 1 Tyar Ratuannisa
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

BAB 2 Tyar Ratuannisa
Terbatas Open In Flip Book Alice Diniarti
» ITB

BAB 3 Tyar Ratuannisa
Terbatas Open In Flip Book Alice Diniarti
» ITB

BAB 4 Tyar Ratuannisa
Terbatas Open In Flip Book Alice Diniarti
» ITB

BAB 5 Tyar Ratuannisa
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

BAB 6 Tyar Ratuannisa
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti


Tren fashion merupakan salah satu prinsip tren dalam konteks sosial yang dapat diimplementasikan melalui gaya busana. Rentang waktu perubahan gaya busana dalam perkembangan tren fashion di Indonesia yang diteliti adalah dalam satu dekade sejak tahun 2010-2019. Penelitian ini bermaksud mengemukakan kronologi proses pengaruh faktor-faktor penghela tren terhadap perubahan gaya busana di Indonesia. Penelitian kualitatif dengan pendekatan historis ini memanfaatkan data literatur dari jurnal, buku, majalah fashion, dan wawancara dengan pakar fashion, serta diskusi kelompok terarah (focus group discussion). Data visual gaya busana diperoleh dari majalah “Dewi” sebagai majalah mode yang berpengaruh di Indonesia dengan konsistensi konten tren fashion terkini, serta memiliki kekhasan dalam menampilkan data gaya busana secara faktual oleh konsumennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode 2010-2019 terdapat empat tema gaya busana yang dominan di Indonesia. Keempat tema gaya busana tersebut adalah modest sebagai identitas baru fashion Indonesia; athleisure, tema yang merefleksikan pandangan manusia Indonesia terhadap gaya hidup sehat; informality, menandai peran generasi milenial sebagai pembawa perubahan gaya kepemimpinan di Indonesia; dan traditional yang merupakan representasi kebudayaan tradisional Indonesia. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, di antaranya sebagai berikut: Perkembangan tren fashion di Indonesia dipengaruhi juga oleh faktor politik (ketokohan) atau berbagai strategi dan kebijakan di sektor ekonomi kreatif; Proses penerimaan empat gaya busana terjadi atas terinternalisasinya gagasan perubahan yang reflektif terhadap konsumen fashion di Indonesia; Perubahan gaya busana 2010-2019 juga dipengaruhi oleh proses afirmasi antara panutan dan pengikutnya; dan Pola tren fashion di Indonesia menunjukkan gejala yang berbeda dibandingkan dengan tren fashion global, karena secara kultur masyarakat Indonesia memiliki potensi karakteristik khas gaya busana Indonesia berbasis nilai tradisi yang sarat dengan makna luhur.