digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Armindo CaturPratama merupakan salah satu produsen yang memproduksi produk baja olahan. PT. Armindo CaturPratama didirikan pada tahun 1992 dan mulai bergerak dalam bisnis perdagangan dan transportasi baja bergelombang pada tahun 1995. PT. Armindo Catur Pratama pada tahun 2021 mengalami penurunan pasar karena ketidakpastian ekonomi di era pandemi Covid 19 di Indonesia meningkat tajam. Di masa pandemi Covid 19 ini, PT. Armindo Catur Pratama berupaya menerapkan strategi dan komitmen untuk pengembangan bisnisnya di masa mendatang. Dengan diakuisisinya PT. Armindo CaturPratama oleh anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HAKAASTON, telah banyak membantu perkembangan bisnis di PT. Armindo CaturPratama dalam menghadapi permasalahan yang timbul karena lesunya bisnis konstruksi akibat pandemic yang terjadi. Covid 19 merupakan masalah besar yang menghambat perkembangan berbagai bidang industri, termasuk industri infrastruktur. Dampak negatif yang dirasakan adalah penundaan atau penangguhan proyek bangunan, anggaran proyek yang terus membengkak akibat pandemi, dan kemampuan pekerja proyek untuk bekerja yang menjadi tantangan utama bagi bisnis konstruksi. Hal-hal inilah yang harus diperhatikan oleh bisnis konstruksi sebagai bahan evaluasi untuk merancang strategi baru dengan fokus utama adalah kelangsungan hidup bisnis. Perumusan strategi diperlukan setelah mengetahui ancaman yang dihadapi perusahaan, peluang atau peluang yang dimiliki serta kekuatan dan kelemahan yang ada pada perusahaan. Perumusan strategi meliputi penentuan misi perusahaan, penentuan tujuan yang dicapai, pengembangan strategi dan penetapan pedoman kebijakan Strategi terbaik yang dapat diterapkan dalam pengembangan bisnis PT. Armindo CaturPratama merupakan perbaikan kelemahan internal agar dapat memanfaatkan peluang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membantu PT. Armindo Catur Pratama dalam mencari strategi yang tepat dalam pengembangan bisnis PT. Armindo Catur Pratama. Selain itu penulis juga melakukan analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap bisnis PT. Armindo Catur Pratama untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Berdasarkan hasil analisis SWOT, prioritas PT. Armindo Catur Pratama adalah peningkatan pemasaran melalui promosi, terutama dengan berkembangnya pemasaran online. Selain itu, strategi yang harus dilakukan oleh PT. Armindo Catur Pratama menciptakan teknologi inovatif untuk mengembangkan produk dan mengembangkan solusi terbaik dalam menghadapi tantangan saat ini dan mencari peluang baru untuk masa depan.