digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Armanda Indra Putra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Armanda Indra Putra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Armanda Indra Putra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Armanda Indra Putra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Armanda Indra Putra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Armanda Indra Putra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Through the combined utilization of SWOT analysis and TOWS matrix, this research proposed several marketing strategies to increase brand awareness of HALOfresh, namely, establish product differentiation, improvement in the distribution and availability, and strengthening of the current promotion strategies. Industri produk segar Indonesia memiliki potensi besar mengingat meningkatnya golongan kelas menengah yang paralel dengan bonus demografi memungkinkan lebih banyak orang Indonesia untuk mendiversifikasi sumber makanan mereka dengan menanam berbagai produk segar serta produk pertanian olahan (Boer, 2017). HALOfresh memasuki pasar Indonesia pada tahun 2018 sebagai salah satu pemain baru di industri produk segar, dengan pisang cavendish bermerek sebagai produk utamanya. Melalui pemahaman lanskap perubahan perilaku konsumen dan potensi digitalisasi, HALOfresh mencoba untuk mendapatkan kesadaran merek dan daya tarik pasar dengan memanfaatkan saluran pemasaran digital. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif dalam pengumpulan dan analisis data. Data ini dikumpulkan dari sumber data primer dan sekunder. Data primer terdiri dari wawancara dan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari pengamatan terhadap berbagai konteks yang relevan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis deduktif dimana fakta-fakta yang terkumpul diperiksa dengan menggunakan teori-teori pemasaran yang berlaku. Analisis internal meliputi teori-teori seperti analisis STP, Marketing Mix, dan Resource-based View melalui VRIO Framework. Untuk analisis eksternal, teori yang digunakan akan mencakup PESTEL, Porter’s Five Forces, Analisis kompetitor dan analisis konsumen. Melalui kombinasi analisis SWOT dan matriks TOWS, penelitian ini mengusulkan beberapa poin penyempurnaan strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek HALOfresh, yaitu; Mengembangkan diferensiasi produk, peningkatan distribusi dan ketersediaan produk, serta penguatan pada strategi promosi yang ada.