digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industry perawatan kulit sedang mengalami pertumbuhan yang significant. Pendatang barupun bermunculan sehingga menyababkan persaingan diindustry skincarepun semakin ketat yang mengharuskan perusahaan meningkatkan daya saing dalam memenuhi kebutuhan pasar. Evren Beauty merupakan salah satu perusahaan yang menjual berbagai macam produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Berdasarkan preliminary research yang dilakukan penulis diketahui apabila Evren Beauty memiliki niat beli pelanggan yang rendah. Maka penelitian ini mencari pengaruh product atribut dan promotion terhadap niat beli. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi yang dialami oleh Evren Beauty saat ini dan merumuskan strategy pemasaran yang tepat dalam hal meningkatkan penjualan Evren Beauty. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner untuk dianalisis dan di uji hipotesis dengan menggunakan SPSS. Penelitian ini menggunakan sample yang berjumlah 239 responden dengan menggunakan Teknik non-probabilistic sampling dengan judgment sampling dengan kriteria yang pernah membeli product skincare Evren Beauty. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan apabila variabel attributes product (X1) dan promotion (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli (Y) pelanggan. Penulis juga melakukan analisis eksternal dan internal. Analisis eksternal dilkukan dengan menggunakan analisis PESTLE, analisis Porter’s 5 Forces, analisis pelanggan, dan analisis pesaing. Sedangkan analisis internal yang dilakukan adalah bauran pemasaran, analisis VRIO, analisis STP, dan value chain. Dari analisis eksternal dan internal dilanjutkan dengan analisis SWOT. Setalah analisis swot, maka dilakukan analisis TOWS untuk menciptaan strategy sebagai bisnis solusi untuk meningkatkan purchase intention dan meningkatkan sales. Solusi tersebut berupa pemanfaatan digital marketing dan social media.