digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian komprehensif ini menyelidiki dinamika rumit strategi pemasaran dan dinamika perilaku konsumen di Saudagar Laweyan, sebuah perusahaan makanan dan minuman terkemuka di Surakarta, Indonesia. Saudagar Laweyan, meski memiliki reputasi baik dan beragam pilihan kuliner, mengalami penurunan penjualan. Tren ini disebabkan oleh evolusi selera konsumen, meningkatnya persaingan, dan munculnya dinamika pasar baru. Inti dari penelitian ini terletak pada penguraian kompleksitas kepuasan pelanggan dan niat membeli, yang terkait erat dengan berbagai komponen kualitas layanan restoran, kecerdikan inovasi produk, dan kemanjuran upaya promosi. Untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang elemen-elemen ini, penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi hibrid. Pendekatan ini mencakup wawancara mendalam dengan direktur pelaksana perusahaan untuk mendapatkan wawasan mengenai pengambilan keputusan strategis dan survei yang didistribusikan kepada pelanggan untuk mengukur persepsi dan perilaku mereka. Lebih lanjut, penelitian ini mengintegrasikan kerangka analitis yang ketat untuk membedah data empiris, dengan memanfaatkan teori-teori yang sudah ada dalam pemasaran dan perilaku konsumen. Tujuan utamanya adalah untuk menyusun serangkaian strategi pemasaran yang dapat ditindaklanjuti yang diarahkan untuk meningkatkan niat pembelian pelanggan, sehingga meningkatkan posisi dan kinerja Saudagar Laweyan dalam sektor makanan dan minuman yang sangat kompetitif. Temuan penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk memperkuat posisi pasar Saudagar Laweyan tetapi juga bertujuan untuk berkontribusi pada wacana ilmiah tentang pemasaran strategis di industri makanan dan minuman, yang menawarkan cetak biru bagi bisnis serupa yang menghadapi tantangan pasar.