digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ida Bagus Wiasta Maharatha
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Ida Bagus Wiasta Maharatha
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ida Bagus Wiasta Maharatha
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ida Bagus Wiasta Maharatha
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ida Bagus Wiasta Maharatha
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ida Bagus Wiasta Maharatha
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Persaingan pada industri semen terus mengalami peningkatan, terutama setelah makin banyaknya perusahaan semen asing yang masuk ke indonesia. Dan keadaan nya pun makin diperparah setelah adanya virus Covid-19 pada tahun 2020 yang membuat penjualan semen turun secara nasional sebesar 5.4%. Sehingga membuat perusahaan semen berjuang untuk menurunkan biaya operasional dan meningkatkan layanan mereka kepada custamer untuk bisa terus kompetitif di industri ini Berdasarkan latar belakang tersebut, Perusahaan Strong Cement (Nama samaran Strong Cement akan digunakan selama penelitian ini untuk tujuan kerahasiaan dari entitas). yang merupakan salah satu produsen semen terbesar di Indonesia dan sebagian besar transportasi semen nya menggunakan mode truck juga dituntut untuk melakukan pengembangan proses digitalisasi dari sisi proses pengiriman ke customer,dengan target menurunkan biaya transportasi dan meningkatkan performa pengiriman. Dari berbagai data yang dikumpulkan dari perusahaan dan didukung dari beberapa benchmark beberapa negara, maka solusi digitalisasi yang digunakan oleh Perusahaan Strong Cement adalah dengan merubah model pengiriman dari awalnya konvensional menjadi model truck marketplace. Dari masa percobaa awal selama 6 bulan, truck marketplace terbukti dapat mengurangi biaya transportasi sebesar 8% dan mampu meningkatkan fleksibilitas jumlah truck saat terjadi kenaikan pesanan.