2024 TS PP Gabriella Wenus Layola - Cover.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza 2024 TS PP Gabriella Wenus Layola - Bab 1.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza 2024 TS PP Gabriella Wenus Layola - Bab 2.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza 2024 TS PP Gabriella Wenus Layola - Bab 3.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza 2024 TS PP Gabriella Wenus Layola - Bab 4.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Pesatnya kemajuan teknologi di era digital berdampak pada berbagai industri,
termasuk diantaranya industry keuangan dan perbankan. Hal ini turut meningkatkan
persaingan antar bank, ditambah dengan munculnya layanan fintech dan e-wallet
yang semakin meningkatkan daya saing di industri. Menanggapi tantangan ini,
berbagai bank di Indonesia secara aktif berinvestasi dalam pengembangan aplikasi
perbankan ponsel pintar untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang terus
berkembang. Saat ini, pelanggan Indonesia juga menunjukkan keterbukaan
terhadap produk ekonomi digital yang inovatif, khususnya dalam pembayaran
digital. Memanfaatkan peluang pasar tersebut, CIMB Niaga sebagai salah satu bank
terbesar di Indonesia dengan total modal sebesar 30 triliun rupiah, secara strategis
memanfaatkan pengembangan aplikasi smartphone banking melalui OCTO
Mobile. Namun dibandingkan dengan aplikasi perbankan lainnya, OCTO Mobile
saat ini menunjukkan tingkat penggunaan yang cukup rendah. Berdasarkan survei
Preferensi Konsumen Terhadap Aplikasi Perbankan dan E-Wallet yang dilakukan
Populix pada tahun 2022, OCTO Mobile berada di posisi keenam dengan hanya 5%
pengguna yang menunjukkan kurangnya pengguna aktif. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi akar permasalahan dan menemukan strategi
pengembangan yang paling sesuai untuk aplikasi OCTO Mobile. Berbagai
metodologi digunakan untuk membangun kerangka kerja yang mampu mengatasi
tantangan bisnis. Hal ini dimulai dengan analisis internal, dilanjutkan dengan
pemeriksaan lingkungan eksternal, analisis pesaing, dan analisis pelanggan. Untuk
mendalami analisis pelanggan, survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner
yang dibagikan kepada sampel responden. Tujuan utama dari survei ini adalah
untuk memastikan Perceived Value (PV) dari aplikasi OCTO Mobile.