COVER Anggia Saniagati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 1 Anggia Saniagati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 Anggia Saniagati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 Anggia Saniagati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 Anggia Saniagati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA Anggia Saniagati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Transformasi digital dilakukan untuk menghadirkan pelayanan yang mampu beradaptasi sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Untuk itu pemerintah menyadari bahwa pelayanan publik kini tak lagi hanya mengandalkan dari perspektif birokrasi semata, tapi juga harus memperhatikan kepentingan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur kepada masyarakat, terlebih di masa pandemi saat ini. BPOM sebagai salah satu institusi pemerintah yang berperan dalam pengawasan obat dan makanan juga perlu melakukan transformasi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan lewat optimalisasi sumber daya dan data yang ada di lingkungan BPOM.
Penelitian ini bertujuan untuk menilai maturitas digital BPOM dan memberikan rekomendasi bagaimana BPOM menjadi pemerintah yang berbasis smart government. Hasilnya diharapkan dapat membantu organisasi dalam menganalisis, membuat perencanaan jangka pendek dan jangka panjang, memberikan landasan untuk membantu organisasi dalam menilai secara realistis di mana mereka berada dalam perjalanan transformasi mereka, dan membuat investasi dalam proyek transformasi digital menjadi lebih efektif. Rekomendasi ini juga diharapkan dapat mendukung dan memberikan wawasan pemikiran dalam inovasi dan akselerasi digital untuk mencapai Transformasi Digital Indonesia.