digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Beberapa dekade terakhir, kegiatan kreatif personal branding marak digunakan oleh setiap kandidat kampanye politik baik dalam cakupan besar ataupun kecil, untuk membentuk citra dirinya di pikiran publik dan diharapkan dapat meningkatkan elektabilitas tersebut pada saat pemilihan, penelitian ini mengkaji nilai personal brand yang terbentuk dari elemen-elemen visual media kampanye politik Pasangan Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan, elemen-elemen visual dan personal brand yang diteliti menjadi landasan berpikir Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan, Elemen personal brand yang diteliti berupa citra mengenai hal-hal yang menjadi landasan berpikir calon bupati dan wakil bupati di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan bentuk analisis mengguakan semiotika sosial dengan objek media kampanye Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan dalam pemilihan Bupati Kabupaten Bandung 2020-2024, analisis isi kualitatif dengan pendekatan interpreatif dalam mengindentifikasi pesan-pesan manifest dan laten, serta melihat kecenderungan isi media berdasarkan process, emergence dan context, penelitian ini memaparkan terhadap peran elemenelemen visual yang membentuk personal brand pada media kampanye pasangan Bedas, sehingga dapat dijadikan referensi kandidat Pemilihan dalam bentuk personal brand dirinya melalui media kampanye.