Beberapa dekade terakhir, kegiatan kreatif personal branding marak digunakan oleh setiap
kandidat kampanye politik baik dalam cakupan besar ataupun kecil, untuk membentuk citra
dirinya di pikiran publik dan diharapkan dapat meningkatkan elektabilitas tersebut pada saat
pemilihan, penelitian ini mengkaji nilai personal brand yang terbentuk dari elemen-elemen visual
media kampanye politik Pasangan Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan, elemen-elemen visual
dan personal brand yang diteliti menjadi landasan berpikir Dadang Supriatna dan Sahrul
Gunawan, Elemen personal brand yang diteliti berupa citra mengenai hal-hal yang menjadi
landasan berpikir calon bupati dan wakil bupati di masyarakat. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan bentuk analisis mengguakan semiotika
sosial dengan objek media kampanye Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan dalam pemilihan
Bupati Kabupaten Bandung 2020-2024, analisis isi kualitatif dengan pendekatan interpreatif
dalam mengindentifikasi pesan-pesan manifest dan laten, serta melihat kecenderungan isi media
berdasarkan process, emergence dan context, penelitian ini memaparkan terhadap peran elemenelemen visual yang membentuk personal brand pada media kampanye pasangan Bedas,
sehingga dapat dijadikan referensi kandidat Pemilihan dalam bentuk personal brand dirinya
melalui media kampanye.