digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pendahuluan / Tujuan Utama: Saat ini, banyak bisnis gagal membangun citra merek di benak konsumen mereka. Kondisi ini mempengaruhi sulitnya tim penjualan untuk menjual produk. Membangun citra merek bukan hanya kegiatan tim pemasaran, apalagi, pemilik juga dapat membantu membangun citra merek untuk menjual bisnis mereka. Latar Belakang Masalah: Kita dapat melihat bahwa banyak pengusaha aktif memposting konten ke Instagram pribadi mereka seperti Belva Devara, pendiri ruangguru, dr. Reza Gladys, pendiri Glafidsya Klinik, dll. Berdasarkan fenomena yang terjadi, peneliti ingin mencari bagaimana konten Instagram dan fitur Instagram dapat membantu wirausahawan membangun citra mereka dan hubungannya dengan citra merek bisnisnya. Kebaruan: Masih jarang penelitian yang meneliti tentang fenomena ini. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan personal branding digunakan untuk karyawan untuk meningkatkan nilai mereka. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada pembangunan citra merek individu yang dilakukan oleh pengusaha. Metode Penelitian: Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mewawancarai 171 responden yang mengikuti akun Instagram pengusaha dan menggunakan Regresi Linier Berganda, Regresi Linier Sederhana, Analisis Regresi Moderat. Temuan / Hasil: Hasil menunjukkan bahwa Konten Instagram yang merupakan foto dan video memiliki Nilai R-Square 31,2% pada citra merek pribadi dan meningkat sebesar 12,9% ketika peneliti menambahkan Fitur Konten Instagram yang Caption dan Hashtag menjadi 44,1%. Selain itu, citra merek pribadi itu sendiri memiliki Nilai R-Square 36,6% pada citra merek produk. Peneliti menganalisis bahwa konten fitur Instagram dapat memperkuat hubungan konten Instagram dan citra merek pribadi, kemudian citra merek pribadi dari entrepreneur di Instagram akan memengaruhi citra merek produk secara positif. Kesimpulan: Peneliti menyarankan pengusaha untuk menggunakan Konten Instagram dengan fitur konten Instagram untuk membangun personal branding yang baik di Instagram karena akan membantu mereka membangun citra merek produk kepada konsumen mereka. Tetapi, perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan di Instagram dan mungkin memiliki hasil yang berbeda ketika seorang wirausahawan membangun personal branding melalui media sosial lain seperti facebook dan twitter