Game mengalami perkembangan yang pesat dan memiliki peranan penting bagi masyarakat di jaman globalisasi ini. Game merupakan media interaktif yang memiliki kemampuan untuk memberikan informasi yang sangat fleksibel karena kelebihan komunikasi dua arah atau lebih kepada pengguna atau banyak pengguna. Dengan mengangkat salah satu cerita tradisi sebagai salah satu budaya masyarakat Indonesia dalam bentuk kisah tokoh Mahabharata sebagai salah satu sampling melalui game, pemain dapat belajar dan mengenal wiracarita tradisional Indonesia termasuk Mahabharata sebagai kisah Kesusastraan kuno yang menarik untuk dikaji.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif karena peneliti mengacu pada fenomenologi dan interaksi simbolik pada pengolahan tokoh karakter cerita Mahabharata. Hasil penafsiran dan observasi mengaitkan antara metodologi visual dengan mengacu pada psikoanalisis dan metodologi formalis yang diaplikasikan dengan visual berbentuk media interaktif game dengan detail penampilan melalui tampilan interface game, desain karakter game, pergerakan yang divisualkan pada layar game, environment atau ruang bermain dalam gameplay sebagai sebuah bentuk media cerita yang kreatif dan interaktif.