COVER Alifah Rahsheita Rahim
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Alifah Rahsheita Rahim
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Alifah Rahsheita Rahim
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Alifah Rahsheita Rahim
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Alifah Rahsheita Rahim
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Alifah Rahsheita Rahim
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Alifah Rahsheita Rahim
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Merancang komponen yang layak tabrakan adalah langkah penting dalam merancang transportasi apa pun, termasuk pesawat terbang. Penggunaan struktur lattice memberikan banyak manfaat terutama dalam industri kedirgantaraan, karena struktur lattice ringan namun tetap menawarkan kekuatan yang besar. Selain itu, ketika dibuat menggunakan manufaktur aditif khusus peleburan laser selektif, struktur lattice mampu menghilangkan panas dan menghasilkan saluran pendingin yang sesuai untuk mengelola suhu tinggi, yang akan menguntungkan untuk aplikasi dalam perlindungan elektronik pesawat.
Penelitian ini mencoba untuk meningkatkan keselamatan pengoperasian pesawat terbang beserta penumpangnya dengan penggunaan struktur lattice pada aplikasi baterai. Ada banyak geometri struktur lattice seperti oktet, FCC, BCC, Kagome, cube, tetrahedron, oktahedron, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah menetapkan geometri lattice yang optimal untuk beban multiaksial. Struktur lattice yang digunakan dalam penelitian ini adalah cube, Kagome, octet dan twisted. Setiap geometri lattice diberikan lima penempatan sudut yang berbeda yaitu; 5º, 10, 15, 20, dan 30º. Geometri struktur lattice dan penempatan sudut yang memiliki nilai penyerapan energi spesifik tertinggi kemudian digunakan untuk aplikasi sebagai pelindung baterai pesawat B787. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur cube lattice dengan penempatan 5º memiliki SEA tertinggi sebesar 129,32 MPa. Setelah menerapkan struktur cube lattice sebagai penahan baterai, hasil menunjukkan bahwa dengan penempatan sudut yang lebih rendah, baterai menahan lebih sedikit tekanan jika dibandingkan dengan penempatan sudut yang lebih tinggi.