digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Fadhilah Putri Devani
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Fadhilah Putri Devani
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Fadhilah Putri Devani
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Fadhilah Putri Devani
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Fadhilah Putri Devani
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Fadhilah Putri Devani
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

Penelitian ini menganalisis kelayakan ekonomi dari proyek pengembangan jalur angkut dan pelabuhan batubara baru di PT. XYZ, Sumatera Selatan. Dengan proyeksi peningkatan produksi batubara hingga 15 juta ton per tahun, penelitian ini mengevaluasi empat skenario: mempertahankan jalur kereta api eksisting, dan tiga alternatif pembangunan infrastruktur baru menggunakan metode Discounted Cash Flow (DCF), Simulasi Monte Carlo, dan Real Option Valuation (ROV). Hasil analisis DCF menunjukkan bahwa skenario 3 memiliki NPV tertinggi sebesar Rp1,69 triliun, menjadikannya pilihan yang paling menguntungkan. Simulasi Monte Carlo mengungkapkan probabilitas keberhasilan proyek tertinggi pada skenario 3, yaitu sebesar 60,82%. Evaluasi dengan pendekatan ROV, termasuk Binomial Lattice, Black-Scholes, dan Rainbow Option, menegaskan bahwa skenario 3 menawarkan nilai opsi dan fleksibilitas manajerial tertinggi, mengindikasikan potensi keuntungan terbesar di tengah volatilitas pasar. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan skenario 3 sebagai opsi paling ekonomis dan optimal bagi PT. XYZ dalam mendukung peningkatan produksi batubara.