BAB 1 Suhandoyo Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Suhandoyo Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Suhandoyo Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Suhandoyo Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Suhandoyo Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Suhandoyo Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Suhandoyo Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Suhandoyo Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Struktur laik tabrak pada kendaraan dikembangkan untuk mengurangi risiko
kecelakaan pada penumpang. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh topologi
struktur optimum pada kolom crash box berdinding tipis yang diperkuat dengan
struktur lattice dengan skema metode Design for Six Sigma (DFSS) menggunakan
metode Taguchi. Optimasi topologi dilakukan menggunakan perangkat lunak
INSPIRE yang merupakan perangkat lunak berbasis metode elemen hingga. Studi
optimasi topologi dilakukan dengan pembebanan statis dalam arah aksial. Evaluasi
dilakukan dengan melihat karakteristik tegangan dan regangan pada struktur lattice.
Bentuk lattice yang dioptimasi dalam penelitian ini yaitu tetrahedron, piramida, dan
2 tipe rhombic-dodekahedron dengan variasi densitas relatif 0,1, 0,2 dan 0,3.
Bentuk topologi lattice optimum yaitu rhodecube dengan densitas 0,15 yang
memberikan energi serap sebesar 34,54 kJ/kg. Struktur optimum lattice ini
kemudian digunakan sebagai core pada struktur kolom crash box berdinding tipis.
Optimasi pada struktur crash box dengan core struktur lattice dilakukan dengan
skema DFSS menggunakan metode Taguchi. Variasi parameter yang digunakan
adalah bentuk core yaitu rhombicdodecahedron modifikasi, rhodecube dan
rhodentrant, densitas relatif, material lattice (AA 6061-T5, AlSi12 dan AlSi10Mg),
dan ketebalan kolom. Dengan parameter optimasi tersebut digunakan matriks
ortogonal Taguchi L9 yang membutuhkan 27 sampel harga SEA dari hasil simulasi
metode elemen hingga. Simulasi numerik metode elemen hingga dilakukan
menggunakan perangkat lunak LS-DYNA. Proses optimasi DFSS menghasilkan
konfigurasi optimum yaitu rhodecube, densitas relatif 0,3, material AlSi10Mg dan
ketebalan kolom 2 mm. Konfigurasi optimum memiliki kapasitas SEA sebesar
24,25 kJ/kg. Dibandingkan dengan SEA konfigurasi baseline sebesar 20,78 kJ/kg,
konfigurasi ini memberikan gain SEA sebesar 3,46 (peningkatan 16,6%). Analisis
ANOVA menunjukkan parameter yang paling berpengaruh adalah ketebalan
kolom. Serta terdapat interaksi antara struktur lattice dan struktur kolom berdinding
tipis yang memberikan reinforcement factor sebesar 1,49 lebih tinggi dari struktur
lattice sendiri.