Pengembang perangkat lunak (developer) perlu bekerja secara produktif agar proyek perangkat
lunak dapat diselesaikan sesuai dengan batasan biaya dan waktu yang telah ditentukan. Terdapat
beberapa permasalahan yang dapat menghambat produktivitas developer seperti distraksi,
kurangnya awareness antar tim dan miskomunikasi. Masalah tersebut dapat ditangani dengan
pemanfaatan aplikasi manajemen proyek. Namun, aplikasi manajemen proyek yang ada saat ini
juga masih memiliki banyak kekurangan di sisi desain interaksi. Oleh karena itu, tujuan dari tugas
akhir ini adalah untuk memperoleh rancangan desain aplikasi manajemen proyek yang dapat
mendukung produktivitas developer. Metode yang digunakan adalah goal directed design yang
berfokus pada tujuan pengguna yaitu mendukung produktivitas developer. Riset dilakukan dengan
metode kualitatif yaitu wawancara terhadap 7 narasumber developer untuk mengetahui perilaku,
aktivitas, tujuan serta masalah pengguna. Hasil riset tersebut dianalisis sehingga menghasilkan
persona, skenario penggunaan, fitur serta usability goals dan user experience goals aplikasi.
Usability goals dan user experience goals prototipe merepresentasikan goal desain yaitu
produktivitas developer. Adapun usability goals prototipe adalah easy to use dan efficient to use,
sedangkan user experience goals prototipe adalah helpful dan motivating. Implementasi desain
dilakukan dalam 2 iterasi dan disertai dengan pengujian usability goals serta user experience goals
yang telah ditentukan. Metrik yang digunakan untuk pengujian yaitu completion rate, Single Ease
Question (SEQ), Time Based Efficiency (TBE), untuk evaluasi usability goals dan tiga subskala
Intrinsic Motivation Inventory (IMI) untuk evaluasi user experience goals. Berdasarkan hasi
pengujian, prototipe aplikasi telah memenuhi usability goals dan user experience goals yang
diturunkan dari tujuan pengguna sehing