ABSTRAK Pingkan Oktaviany
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 1 Pingkan Oktaviany
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 2 Pingkan Oktaviany
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 3 Pingkan Oktaviany
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 4 Pingkan Oktaviany
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 5 Pingkan Oktaviany
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
PUSTAKA Pingkan Oktaviany
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
2021 TA PP PINGKAN OKTAVIANY_LAMPIRAN.pdf)u
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Cibaduyut merupakan kawasan peruntukan perdagangan dan jasa yang sekaligus
kawasan wisata belanja produk fashion berbahan kulit tertua dan terbesar di Kota
Bandung yang sudah dikenal di Indonesia dan mancanegara. Produk sepatu dan
sandal kulit yang dijual mayoritas diproduksi di Cibaduyut melalui home industry.
Ini yang menjadikan Kawasan Cibaduyut ditetapkan pula sebagai Kawasan
Industri Kreatif. Menurut RTRW Kota Bandung (2011-2031), Cibaduyut ditetapkan
sebagai Kawasan Stategis Kota (KSK) yang berfokus pada kepentingan ekonomi,
sehingga kawasan ini diharapkan menjadi kawasan yang produktif. Namun,
terdapat indikasi penurunan vitalitas/daya hidup di Cibaduyut. Melihat potensi
yang dimiliki Cibaduyut, penting adanya upaya strategis untuk
mengembalikan/meningkatkan kembali daya hidup kawasan Cibaduyut. . Namun
hingga saat ini pemerintah Kota Bandung belum melakukan tindak lanjut untuk
meningkatkan vitalitas Cibaduyut. Hal ini jika terus dibiarkan akan membuat
kondisi kawasan semakin menurun dan dapat berpotensi menjadi kawasan
kumuh/kawasan mati di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan
strategi revitalisasi Kawasan Perdagangan dan Jasa Cibaduyut. Perumusan
strategi dilakukan dengan mengidentifikasi peluang dan ancaman kawasan
berdasarkan faktor eksternal serta kekuatan dan kelemahan kawasan berdasarkan
faktor internal. Setelah itu, dilakukan analisis SWOT untuk mendapatkan berbagai
alternatif strategi. Lalu, IFAS-EFAS dan analisis positioning untuk mendapatkan
strategi yang diprioritaskan. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi prioritas
dalam merevitalisasi Cibaduyut adalah pada kuadran 1, yaitu strategi S-O
(comparative advantages), artinya strategi diarahkan untuk memaksimalkan
potensi yang ada guna mengambil kesempatan dari peluang yang ada.