digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nadila Isro Fadilla
PUBLIC Taupik Abidin

Karena kemajuan internet juga berdampak pada penggunaan media sosial di kalangan remaja. Twitter adalah platform media sosial yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sebuah akun bernama @ohmybeautybank bertindak sebagai perantara antara orang-orang yang menggunakan produk kecantikan dan mereka yang mencari saran sebelum melakukan pembelian. Cara konsumen mencari saran dari orang lain telah berubah secara dramatis, dan pelanggan sekarang sangat bergantung pada ulasan online (eWOM). Penelitian sebelumnya telah meneliti EWOM, tetapi niat pembelian pelanggan berdasarkan umpan balik online di Twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli pelanggan menggunakan ulasan online yang diberikan oleh pengikut @ohmybeautybank. Studi kuantitatif dan kualitatif dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 300 remaja berusia 13 sampai 24 tahun. Untuk menguji hubungan antara kualitas argumen, kualitas informasi, kredibilitas sumber, kepercayaan, sikap pelanggan, dan niat beli, digunakan Partial Least Square. Selain itu, open-selective coding digunakan untuk menganalisis jawaban atas pertanyaan terbuka. Menurut temuan penelitian ini, ulasan media sosial memiliki dampak positif pada niat beli pelanggan. Terakhir, analisis tersebut diharapkan dapat memberikan analisis yang komprehensif bagi pelanggan yang aktif mencari informasi di media sosial sebelum membeli produk kecantikan