Dewasa ini, 70% dari project management dikerjakan dengan pendekatan agile. Pendekatan agile
membutuhkan inisiatif dari masing-masing anggota tim dan motivasi sebagai satu tim untuk
menyelesaikan proyek. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan sistem alat bantu berupa
aplikasi untuk membantu pengerjaan proyek mereka. Walaupun begitu, masih banyak kekurangan
desain yang membuat pengguna sulit dan malas memakainya. Gamifikasi adalah penggunaan
elemen-elemen dari desain game pada konteks non-game. Gamifikasi dapat meningkatkan user
engagement menggunakan teknik dalam game seperti scoreboard dan feedback sehingga membuat
user memiliki rasa kepemilikan dan kehendak dalam menyelesaikan task. Dengan
menggabungkan desasin interaksi dan gamifikasi, dapat dibuat high-fidelity prototype sebagai
tawaran solusi desain untuk aplikasi project management. Tujuan dari tugas akhir ini adalah
merancang gamifikasi dan interaksi alat pendukung software project management. Pada laporan
ini penulis melakukan tahapan dari studi literatur, analisis kebutuhan, ideasi, desain, perancangan
high-fidelity protoype, dan pengujian high-fidelity protoype. Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah
high-fidelity prototype dengan usability goals easy to learn dan utility, dan juga user experience
motivating dan engaging. Gamifikasi yang diterapkan adalah sistem levelling.
Perpustakaan Digital ITB