digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dewasa ini, 70% dari project management dikerjakan dengan pendekatan agile. Pendekatan agile membutuhkan inisiatif dari masing-masing anggota tim dan motivasi sebagai satu tim untuk menyelesaikan proyek. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan sistem alat bantu berupa aplikasi untuk membantu pengerjaan proyek mereka. Walaupun begitu, masih banyak kekurangan desain yang membuat pengguna sulit dan malas memakainya. Gamifikasi adalah penggunaan elemen-elemen dari desain game pada konteks non-game. Gamifikasi dapat meningkatkan user engagement menggunakan teknik dalam game seperti scoreboard dan feedback sehingga membuat user memiliki rasa kepemilikan dan kehendak dalam menyelesaikan task. Dengan menggabungkan desasin interaksi dan gamifikasi, dapat dibuat high-fidelity prototype sebagai tawaran solusi desain untuk aplikasi project management. Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang gamifikasi dan interaksi alat pendukung software project management. Pada laporan ini penulis melakukan tahapan dari studi literatur, analisis kebutuhan, ideasi, desain, perancangan high-fidelity protoype, dan pengujian high-fidelity protoype. Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah high-fidelity prototype dengan usability goals easy to learn dan utility, dan juga user experience motivating dan engaging. Gamifikasi yang diterapkan adalah sistem levelling.