ABSTRAK Rahmanisa Hasna Anggita
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 1 Rahmanisa Hasna Anggita
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 2 Rahmanisa Hasna Anggita
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 3 Rahmanisa Hasna Anggita
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 4 Rahmanisa Hasna Anggita
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 5 Rahmanisa Hasna Anggita
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
PUSTAKA Rahmanisa Hasna Anggita
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
2021 TA PP RAHMANISA HASNA ANGGITA_LAMPIRAN.pdf)u
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Kota Batu merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan
pariwisatanya. Dalam arahannya Kota Batu menetapkan dan memantapkan
daerahnya sebagai Sentra Pariwisata dan Agropolitan khususnya di Provinsi Jawa
Timur dan merupakan salah satu daerah otonomi yang mengandalkan sektor
pariwisata untuk meningkatkan pendapatan asli daerahnya (PAD). Sejak munculnya
virus COVID-19 yang menyebabkan beberapa penururunan beberapa sektor industri,
sektor pariwisata Kota Batu pun tidak terkecuali terkena dampaknya. Jumlah
wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu mengalami penurunan hingga 30 persen.
Adanya larangan berkunjung ke luar kota atau ke tempat yang ramai membuat
wisatawan menjadi tidak bisa pergi berwisata. Selain itu pemerintah juga menerapkan
sistem new normal, di mana terdapat perubahan perilaku dalam melakukan aktivitas
normal. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan ke tempat wisata
Kota Batu pada masa pandemi COVID-19. Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah variabel karakteristik wisatawan yang ditinjau berdasarkan karakteristik
sosio-demografis dan karakteristik pola perjalanan wisatawan, serta variabel penentu
keputusan berkunjung wisatawan yang ditinjau berdasarkan komponen pariwisata.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan analisis deskriptif kuantitatif
dan kualitatif, serta analisis faktor. Metode pangambilan data yang digunakan adalah
kuesioner online yang disebarkan melalui beberapa platform media sosial seperti
instagram, LINE, dan whatsapp. Jumlah responden kuesioner sebanyak 274
responden dari rentang responden yang diharapkan sebanyak 270-540 responden.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat 6 faktor yang mempengaruhi
keputusan berkunjung wisatawan ke tempat wisata Kota Batu pada masa pandemi
COVID-19 yaitu faktor pelayanan dan fasilitas tambahan, faktor atraksi tempat
wisata, faktor amenitas, faktor jarak lokasi wisata terhadap pusat kota dan
stasiun/terminal, faktor harga, dan faktor aksesibilitas, di mana faktor yang paling
mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan adalah faktor pelayanan dan
fasilitas tambahan. Faktor yang paling dipertimbangkan oleh wisatawan adalah
faktor pelayanan dan fasilitas tambahan. Oleh karena itu pengelola wisata harus
memaksimalkan pelayanan dan fasilitas tambahan pada tempat wisata tersebut agar
dapat menarik kembali kunjungan wisatawan di tempat wisata Kota Batu pada masa
pandemi COVID-19 ini.
Perpustakaan Digital ITB