Kemajuan teknologi telah memunculkan mekanisme pasar tenaga kerja baru yang dikenal sebagai elancing, di mana orang dapat membeli layanan freelance melalui situs online. Mengikuti tren, Mahajasa sebagai startup marketplace freelance harus bersaing dengan kompetitor lain yang ada di Indonesia. Didirikan selama satu tahun, pendapatan yang tidak stabil dan niat membeli yang tidak diketahui terjadi. Mahajasa membidik UKM dan pelajar di seluruh Indonesia. Namun beberapa penelitian terbaru menyatakan bahwa UKM di Indonesia enggan menerima teknologi baru karena sebagian besar marketplace masih dalam tahap adopsi. Tujuan utama penelitian ini adalah memahami faktor-faktor niat beli yang paling berpengaruh dalam membeli jasa dari freelance marketplace atau media sosial freelance menggunakan model UTAUT. Penelitian ini diikuti oleh 386 responden dari Indonesia yang pernah menggunakan platform elancing berusia 15-44 tahun dan dianalisis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kepercayaan yang dirasakan berpengaruh positif terhadap niat beli. Sedangkan persepsi kepercayaan memiliki peran mediasi parsial antara harapan kinerja, harapan usaha, dan pengaruh sosial terhadap niat beli.
Perpustakaan Digital ITB