digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Transformasi kebiasaan konsumen dalam memilih produk perawatan tubuh organik di Indonesia. Fenomena ini menyebabkan permintaan konsumen yang lebih tinggi untuk perawatan pribadi organik. Reseller sebagai perwakilan dari sebuah brand dapat berperan menjangkau seluruh wilayah dan dapat terlibat dalam proses bisnis ini; dari sisi pengecer, memutuskan produk mana yang akan dijual akan menjadi proses yang penting. Ulasan pengecer dapat memberikan gambaran tentang perjalanan penjualan produk seseorang. Di sisi lain, studi tersebut juga menjelaskan jika deskripsi perjalanan tidak seperti itu, dan konsumen sudah memahaminya sejak awal. Dibandingkan dengan fasilitas reseller yang ditampilkan, reseller lebih mengutamakan aspek ini karena fasilitas yang didapatkan dapat mempengaruhi kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persona reseller baru di industri produk perawatan pribadi organik dan mengetahui bagaimana ulasan dan fasilitas reseller dapat mempengaruhi niat untuk menjadi reseller. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data penelitian ini dikumpulkan secara mendalam dari 10 partisipan berusia 19-30 tahun yang pernah menjadi reseller produk. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan koding tematik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pengembangan strategi pemasaran yang tepat untuk pasar reseller melalui review reseller dan fasilitas reseller. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persona yang tepat adalah reseller dengan tipe influence dan reseller dengan tipe pendidikan. Selain itu review reseller berperan dalam meningkatkan awareness terhadap produk organik, sedangkan fasilitas reseller mempengaruhi pertimbangan untuk menjadi reseller.