digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP NISSAKIM PUTERI SALSABILA 1.pdf?_
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak peninggalan sejarah dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah manuskrip atau naskah kuno. Naskah kuno yang dulunya menjadi pedoman nilai moral bagi masyarakat, kini telah mulai dilupakan, bahkan anak-anak sekolah Indonesia masih sangat sedikit yang mengenal naskah kuno Indonesia. Salah satu naskah yang kaya akan nilai moral adalah naskah Amanat Galunggung dari Sunda, yang juga telah dilupakan oleh mayoritas masyarakat. Maka penulis merasakan perlunya sebuah media yang dapat menyajikan konten tentang naskah kuno Indonesia yang dikemas secara menarik dan mengasyikan untuk kalangan anak sekolah dasar. Salah satu media yang tepat untuk sasaran ini ialah papan permainan (board game), yang dirancang menggunakan data yang diperoleh dari studi pustaka, wawancara dengan ahli, dan survei kepada target audience. Data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teori-teori board game. Game yang dirancang ini mengambil gaya visual kartun dua dimensional serta ber genre dexterity. Konten utama dari media board game ini adalah nilai moral dan pengenalan naskah Amanat Galunggung yang relevan dengan nilai moral zaman sekarang. Konten nilai moral yang disajikan melalui board game ini diharapkan dapat mengenalkan dan meningkatkan kepedulian anak fase sekolah dasar terhadap naskah Amanat Galunggung dan naskah kuno lainnya di Indonesia.