digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jasmine Qonita [17421102]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Di Indonesia, salah satu bencana terbesar adalah bencana hidrometeorologi. Salah satu penyebab terjadinya bencana adalah perubahan iklim, namun masih banyak masyarakat yang tidak percaya dengan perubahan iklim, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara yang paling tidak percaya dengan perubahan iklim. Pembelajaran tentang bencana perlu dilakukan sejak dini, oleh karena itu fokus pembelajaran tentang bencana hidrometeorologi adalah pada remaja, yang merupakan penerus bangsa. Hubungan sebab akibat bencana hidrometeorologi dapat dijabarkan dalam board game, dimana board game sendiri dapat mengajarkan informasi dengan cara yang menyenangkan. Tidak hanya itu, penyertaan elemen digital dalam board game memberikan banyak potensi untuk dikembangkan dan memberikan pemain pengalaman dan sistem permainan yang baru. Metode desain yang digunakan adalah double diamond yang terdiri dari discover, define, develop, dan deliver. Tujuan dari board game berbantuan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran remaja terhadap bencana hidrometeorologi, sehingga app-assisted board game akan membuat pemain bersenang-senang sambil belajar tentang bencana hidrometeorologi. Menunjukkan hal tersebut dapat dilakukan dengan memasukkan hubungan sebab dan akibat bencana hidrometeorologi ke dalam mekanisme board game, dan juga meningkatkan interaktivitas dikarenakan hal tersebut merupakan salah satu ketertarikan remaja dalam board game. Teknologi dalam permainan ini menggunakan QR Code yang membawa pemain ke laman Spin The Wheel, sehingga meningkatkan pengalaman bermain. Hal tersebut dapat membuat remaja lebih sadar atas bencana apa saja yang termasuk ke dalam bencana hidrometeorologi.