digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Masalah utama bagi sebagian besar bisnis adalah bagaimana membuat produk yang tepat untuk target pasar yang tepat. Khusus untuk bisnis yang menggunakan sistem yang disesuaikan. Pertimbangan perilaku pelanggan sangat penting untuk membuat strategi dan pengembangan produk yang tepat untuk bisnis semacam ini. N?U adalah perusahaan baru yang menjual jasa dan produk dengan menggunakan sistem teknologi Augmented Reality (AR). N?U baru saja didirikan pada Oktober 2020. Produk utama N?U berupa produk terpasang sistem teknologi AR yang disesuaikan yang dapat digunakan pelanggan untuk mengekspresikan perasaan mereka kepada penerima melalui pesan tersembunyi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat N?U dari segi customer experience dan pengembangan produk, yang pada akhirnya diharapkan akan diperoleh strategi dan pengembangan produk yang akan diterapkan di N?U untuk meningkatkan daya saing di pasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengamati N?U dalam hal pengalaman konsumen dan pengembangan produk, yang kemudian digunakan untuk memperoleh strategi dan pengembangan produk yang akan diterapkan di N?U agar tetap dapat bersaing di pasar. Penulis menggunakan metode kualitatif dalam melakukan penelitian ini. Metode kualitatif yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara ahli dalam desain produk. Ada beberapa kerangka kerja yang digunakan untuk membantu dalam menganalisis masalah serta solusinya. Kerangka kerja dianalisis dari perspektif internal dan eksternal mulai dari STP, Marketing Mix 4P, analisis VRIO dan PESTLE. Hasil analisis FGD dan interview dengan para ahli yang dipadukan dengan hasil analisis internal dan eksternal dari N?U dibuat menjadi analisis SWOT dan TOWS dan kemudian dapat ditentukan strategi dan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen. Berdasarkan hasil analisis TOWS, dibuat beberapa alternatif solusi yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan N?U. Dari alternatif solusi tersebut dipilih solusi yang paling sesuai beserta rencana implementasinya, yaitu mengembangkan webAR untuk N?U, mengembangkan lebih banyak varian produk dan juga mengembangkan strategi promosi.