digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk merancang instrumen yang tepat untuk mengukur literasi keuangan dan menilai kondisi literasi keuangan para pemuda tahun terakhir siswa sekolah menengah atas di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Pendekatan kuantitatif dengan kuesioner berskala 5 skala likert digunakan dalam penelitian. Sebanyak 394 responden yang valid dikumpulkan dan dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural. Dikonfirmasi bahwa penggunaan multi variabel seperti kesadaran keuangan, pengalaman keuangan, pengetahuan keuangan subjektif, keterampilan keuangan, kemampuan keuangan, tujuan keuangan, perilaku keuangan, dan keputusan keuangan cocok untuk mengukur kondisi literasi keuangan responden meskipun dianjurkan untuk menambahkan variabel lainnya agar hasil lebih akurat. Pada akhirnya, penelitian ini menghasilkan informasi yang dapat digunakan sebagai referensi untuk menghasilkan strategi yang tepat dalam mengembangkan literasi keuangan siswa