digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia telah membuat kemajuan yang signifikan dalam memperbaiki akses Pendidikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu perusahaan utama di sektor teknologi infomrasi dan komunikasi melihat kebutuhan untuk memiliki keunggulan kompetitif di sektor ini melalui unit usaha teknologi pendidikan digital-nya. Desain layanan unit usaha teknologi pendidikan digital yang ada sekarang memiliki beberapa masalah, pertama adalah penyampaian layanan yang belum efektif, kedua adalah jarak antara value yang diberikan dan diterima. Melalui analisis eksternal berupa PESTEL dan SWOT, analisis internal berupa service blueprint, dan lean canvas, penulis memberikan solusi bagi unit usaha teknologi pendidikan digital terkait melalui sudut pandang service science dalam bentuk service blueprint baru dan aktifitas value co-creation yang berlandaskan strategi value orchestration. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan efektivitas dari penyampaian layanan dan mengurangi jarak antara value yang diberikan dan diterima, ada perbaikan layanan yang harus dilakukan. Pertama adalah penambahan fitur tanya-jawab pada konten. Kedua adalah penyampaian konten melalui studi kasus dan tutor virtual. Ketiga adalah penambahan fitur layanan konsumen nyata. Keempat adalah perbaikan penilaian konten melalui kuesioner.