Pertumbuhan penyedia layanan internet di Indonesia, telah membawa Indonesia
menjadi salah satu pasar telekomunikasi dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
Dengan maraknya Fiber Optic (FO), sejalan dengan munculnya Internet Service
Provider (ISP) baru. Kondisi ini membuat sejumlah penyedia layanan internet
mendorong pasar Indonesia secara massif. Penyedia layanan internet yang sudah
mapan dapat mengalami kehilangan pelanggan yang berharga dari pesaing karena
banyak penawaran menarik dari kompetisi atau dikenal sebagai customer churn,
salah satunya adalah IndiHome yang merupakan merek ISP yang dioperasikan di
bawah Telkom Indonesia. Tren customer churn di IndiHome semakin meningkat
dari bulan ke bulan selama tahun 2020. Oleh karena itu, mengetahui faktor-faktor
penentu customer churn di IndiHome dan menganalisis lingkungan bisnis sangat
penting untuk menciptakan strategi yang tepat untuk mencegah customer churn.
Oleh karena itu, penelitian ini kemudian melakukan analisis lingkungan yang terdiri
dari analisis eksternal dan internal untuk menganalisis situasi bisnis. Dalam analisis
eksternal, penelitian ini menggunakan beberapa kerangka kerja antara lain
PESTLE, Analisis Pesaing, dan Analisis Konsumen yang dilakukan dengan
menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner dengan 387 responden. Pada
analisis internal, penelitian ini menggunakan STP, Current Maketing Mix (7Ps),
dan Resources and Capabilities. Ketika bisnis yang dikeluarkan dieksplorasi,
masalah utama IndiHome adalah churn pelanggan yang dialami IndiHome yang
berimplikasi pada IndiHome gagal mempertahankan pelanggannya. Oleh karena
itu, akar penyebab IndiHome adalah kesenjangan antara harapan pelanggan dengan
kualitas produk yang diberikan oleh IndiHome.
Ada 4 alternatif strategi yang dihasilkan dari penelitian ini dan strategi 1 dipilih.
Strategi yang diusulkan berfokus pada pemeliharaan dan peningkatan kualitas
layanan. Rencana aksi tersebut meliputi pengembangan sistem alarm,
penyempurnaan strategi saat ini, dan kabel cek kesehatan dan perangkat keras
IndiHome. Strategi yang diusulkan dibuat berdasarkan pertimbangan dan analisis
pro dan kontra yang paling sesuai dan sesuai dengan isu-isu utama saat ini yang
dihadapi oleh IndiHome.