digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pesatnya perkembangan teknologi dan juga internet mempengaruhi seluruh kegiatan bisnis yang ada, terutama pada industri media. Banyak yang akhirnya harus di sesuaikan oleh pelaku bisnis media yang ada saat ini demi bisa bertahan di dalam persaingan. Hal ini sangat terasa terutama pada bisnis media conventional seperti TV, radio, dan juga media cetak. Perkembangan tersebut juga sangat dirasakan oleh Oz Radio Bandung sebagai pelaku bisnis media. Sebagai penyedia dan juga sarana hiburan dan informasi, Oz Radio Bandung harus bersaing dengan lahirnya jenis media digital baru yang membuat pendengar radio berpindah dan akhirnya cenderung menurun dari tahun ke tahun. Orang-orang saat ini lebih memilih hiburan melaui smartphonenya dari sosial media dan juga platform lain yang bisa diakses disana. Berubahnya prilaku orang orang dalam memilih hiburan dari radio ke media modern lainnya membuat radio akhirnya kehilangan pendapatan. Seperti yang kita tau radio bisa bertahan karena pendapatannya yang mereka dapat dari iklan. Namun dengan menurunnya pendengar radio dan meningkatnya pengguna media modern membuat perusahaan yang ingin beriklan lebih memilih media yang baru yang saat ini memang penggunanya lebih banyak dibandingkan dengan radio. Dalam keadaan seperti ini, Oz Radio Bandung harus memulai mengevaluasi kembali strategi dan model bisnis mereka agar tetap bisa bertahan di dalam persaingan media yang sudah sangat berkembang dengan segala teknologi yang ada. Research ini bertujuan untuk mengetahui apa saja tahapan tahapan yang perlu dilakukan oleh Oz Radio Bandung dalam menyusun strategi bisnis bagi perusahaan. Dengan proses penyusunan tersebut nantinya akan terbentuk strategi yang paling tepat yang bisa di implementasikan langsung oleh perusahaan. Strategi-strategi yang sudah di dapat bisa mengubah bisnis model yang ada, yang tentunya bisnis model yang baru tersebut akan membuat Oz Radio Bandung lebih produktif dan juga lebih relevan dengan perkembangan industri sekarang. Metode yang dilakukan untuk penelitian ini ada alah kualitatif metode dimana data-data yang diperlukan didapat melalui interview, observasi, dan juga dari secondary data yang didapat di internet, buku, maupun jurnal. Beberapa analisis juga dilakukan guna mengetahui bagaimana keadaan didalam dan di luar perusahaan. Analisis internal dilakukan dengan menggunakan Bisnis Model Cavas, sedangkan analisis external dilakukan adalah PESTEL analisis, competitor analisis, dan costumer analisis dengan menggunakan pendekatan consumer decision making process. Selanjutnya dilakukan juga analisis TOWS yang dilanjutkan dengan perumusan strategy dengan menggunakan TOWS analysis. Dari strategi yang terbentuk setelah dilakukannya TOWS analisis, dipilih strategi mana saja yang bisa dijadikan prioritas sesuai denga akar permasalahan yang sudah didapatkan sebelumnya. Untuk mendapatkan strategi prioritas tersebut dilakukanlah proses perhitungan secara kalkulatif dengan menggunakan QSPM. Dari akar permasalahan yang sudah didapatkan dan juga proses perumusan strategi bisnis yang juga sudah dilakukan, terbentuklah beberapa strategi yang bisa di implementasikan oleh Oz Radio Bandung. Pertama adalah strategi untuk mengatasi akar masalah platform, dimana strategi tersebut adalah membuat innovasi program yang bisa menghubungkan antara oline, off-air, social media, dan juga on-air. Selanjutnya untuk akar permasalahan traffic, Oz Radio Bandung perlu melakukan meningkatan aktifitas sosial media merka dengan konten konten yang menarik. Terakhir untuk management dan para kariawannya diperlukan perumusan knowledge management system yang baik. Dari seluruh strategi tersebut, nantinya jika dilakukan bisa mengubah bisnis model mereka sehingga menjadi bisnis model yang sesuai dengan keadaan industry, customer, dan teknologi saat ini. Diharapkan dengan perumusan strategi yang baru ini bisa membuat Oz Radio Bandung lebih produktif dan juga bisa meningkatkan pendapatan agar perusahaan bisa terus berjalan, berkembang, dan bisa menang di dalam persaingan.