Pesatnya perkembangan teknologi dan juga internet mempengaruhi seluruh kegiatan bisnis
yang ada, terutama pada industri media. Banyak yang akhirnya harus di sesuaikan oleh pelaku
bisnis media yang ada saat ini demi bisa bertahan di dalam persaingan. Hal ini sangat terasa
terutama pada bisnis media conventional seperti TV, radio, dan juga media cetak.
Perkembangan tersebut juga sangat dirasakan oleh Oz Radio Bandung sebagai pelaku bisnis
media. Sebagai penyedia dan juga sarana hiburan dan informasi, Oz Radio Bandung harus
bersaing dengan lahirnya jenis media digital baru yang membuat pendengar radio berpindah
dan akhirnya cenderung menurun dari tahun ke tahun. Orang-orang saat ini lebih memilih
hiburan melaui smartphonenya dari sosial media dan juga platform lain yang bisa diakses
disana. Berubahnya prilaku orang orang dalam memilih hiburan dari radio ke media modern
lainnya membuat radio akhirnya kehilangan pendapatan. Seperti yang kita tau radio bisa
bertahan karena pendapatannya yang mereka dapat dari iklan. Namun dengan menurunnya
pendengar radio dan meningkatnya pengguna media modern membuat perusahaan yang ingin
beriklan lebih memilih media yang baru yang saat ini memang penggunanya lebih banyak
dibandingkan dengan radio. Dalam keadaan seperti ini, Oz Radio Bandung harus memulai
mengevaluasi kembali strategi dan model bisnis mereka agar tetap bisa bertahan di dalam
persaingan media yang sudah sangat berkembang dengan segala teknologi yang ada.
Research ini bertujuan untuk mengetahui apa saja tahapan tahapan yang perlu dilakukan oleh
Oz Radio Bandung dalam menyusun strategi bisnis bagi perusahaan. Dengan proses
penyusunan tersebut nantinya akan terbentuk strategi yang paling tepat yang bisa di
implementasikan langsung oleh perusahaan. Strategi-strategi yang sudah di dapat bisa
mengubah bisnis model yang ada, yang tentunya bisnis model yang baru tersebut akan
membuat Oz Radio Bandung lebih produktif dan juga lebih relevan dengan perkembangan
industri sekarang. Metode yang dilakukan untuk penelitian ini ada alah kualitatif metode
dimana data-data yang diperlukan didapat melalui interview, observasi, dan juga dari
secondary data yang didapat di internet, buku, maupun jurnal. Beberapa analisis juga dilakukan
guna mengetahui bagaimana keadaan didalam dan di luar perusahaan. Analisis internal
dilakukan dengan menggunakan Bisnis Model Cavas, sedangkan analisis external dilakukan
adalah PESTEL analisis, competitor analisis, dan costumer analisis dengan menggunakan
pendekatan consumer decision making process. Selanjutnya dilakukan juga analisis TOWS
yang dilanjutkan dengan perumusan strategy dengan menggunakan TOWS analysis. Dari
strategi yang terbentuk setelah dilakukannya TOWS analisis, dipilih strategi mana saja yang
bisa dijadikan prioritas sesuai denga akar permasalahan yang sudah didapatkan sebelumnya.
Untuk mendapatkan strategi prioritas tersebut dilakukanlah proses perhitungan secara
kalkulatif dengan menggunakan QSPM.
Dari akar permasalahan yang sudah didapatkan dan juga proses perumusan strategi bisnis yang
juga sudah dilakukan, terbentuklah beberapa strategi yang bisa di implementasikan oleh Oz
Radio Bandung. Pertama adalah strategi untuk mengatasi akar masalah platform, dimana
strategi tersebut adalah membuat innovasi program yang bisa menghubungkan antara oline,
off-air, social media, dan juga on-air. Selanjutnya untuk akar permasalahan traffic, Oz Radio
Bandung perlu melakukan meningkatan aktifitas sosial media merka dengan konten konten
yang menarik. Terakhir untuk management dan para kariawannya diperlukan perumusan
knowledge management system yang baik. Dari seluruh strategi tersebut, nantinya jika
dilakukan bisa mengubah bisnis model mereka sehingga menjadi bisnis model yang sesuai
dengan keadaan industry, customer, dan teknologi saat ini. Diharapkan dengan perumusan
strategi yang baru ini bisa membuat Oz Radio Bandung lebih produktif dan juga bisa
meningkatkan pendapatan agar perusahaan bisa terus berjalan, berkembang, dan bisa menang
di dalam persaingan.