digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kesadaran masyarakat terhadap masalah sosial masih rendah, hal ini dibuktikan dengan perilaku atau sikap masyarakat Indonesia terhadap masalah sosial yang ada. Langkah yang harus dilakukan untuk mengurangi jumlah masalah sosial adalah dengan mengetahui dan mewaspadai masalah-masalah sosial tersebut dan mempelajari cara mengatasinya. Oleh karena itu, Look at Me berupaya mengangkat isu-isu sosial sebagai upaya untuk menyebarkan kesadaran publik atau masyarakat tentang isu-isu sosial. Agar lebih sadar dan mengerti, Look at Me mengemasnya dengan cara yang unik dan ceria, sehingga mudah dipahami. Oleh karena itu, Look at Me merupakan brand fashion lokal yang fokus pada isu-isu sosial di Indonesia dan mengangkat isu-isu tersebut ke dalam pola produk-produk Look at Me. Sejak awal Look at Me dibentuk, platform utama yang digunakan untuk mempromosikan merek, meningkatkan kesadaran merek, dan menjual produk di Instagram. Instagram juga menjadi salah satu platform yang didominasi oleh wanita dan milenial yang menjadi target pasar Look at Me. Saat ini permasalahan yang muncul pada akun Instagram Look at Me adalah Look at Me belum memaksimalkan fitur bisnis yang ada dan belum mengetahui apa yang menjadi preferensi pasar sasaran. Hal ini menyebabkan engagement yang rendah, fluktuasi dan penurunan followers. Menggunakan metode analisis eksternal seperti Five Porter Forces, Analisis PESTEL, wawasan pelanggan dengan pendekatan kuantitatif metode survei, dan analisis benchmarking dengan empat pesaing langsung Look at Me. Yang kedua adalah Analisis Internal dengan menganalisis kondisi internal perusahaan. Keduanya analisis eksternal dan internal disimpulkan dalam analisis SWOT dan akar penyebab menggunakan diagram tulang ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan insight terkait kinerja akun Instagram Look at Me, yang diharapkan dapat menjadi acuan untuk memperbaiki dan mengusulkan content strategy plan terbaik untuk meningkatkan efektifitas akun Instagram Look at Me agar engagement tetap stabil. dan meningkatkan audiens akun Instagram Look at Me. Setelah melakukan analisis terhadap kondisi internal dan eksternal perusahaan saat ini, peneliti dapat menemukan akar penyebab dari Look at Me yaitu kurangnya konten yang menarik karena Look at Me tidak memahami kebutuhan pelanggan. Melalui penelitian ini juga menghasilkan solusi bisnis berdasarkan hasil kondisi akun Instagram Look at Me dan preferensi followers.