digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era perkembangan ekonomi yang pesat di Indonesia, industri kreatif menjadi salah satu pilar bagi kekuatan ekonomi Indonesia. Sebagai sektor kedua yang berkontribusi pada perekonomian kreatif industri, industri fashion adalah industri yang menjanjikan. Namun, dengan berkembangnya teknologi, siklus produksi fashion menjadi proses yang kilat dan tidak bertanggung atas dampak yang ditimbukannya baik secara lingkungan maupun sosial. Dampak-dampak yang terkait diangkat sebagai masalah pada industri fashion membutuhkan solusi alternatif, yaitu slow fashion. Di Indonesia, slow fashion masih dikembangkan, sehingga masih sedikit bisnis yang menggunakan slow fashion. Maka dari itu, Indonesia butuh pengetahuan bagaimana bisnis-bisnis slow fashion di Indonesia berjalan. Nilai-nilai yang ditentukan dalam riset ini ditentukan oleh tinjauan literatur dan penelitian kualitatif terhadap merek X, Y, dan Z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk preliminary study dalam proses slow-fashion di Indonesia. Pengambilan data kualitatif menggunakan wawancara semi terstruktur. Data kualitatif menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi, dan data sekunder. Responden dari wawancara adalah orang-orang yang secara langsung memiliki kekuatan pengambilan keputusan dalam merek untuk memiliki sampel purposive. Data kuantitatif digunakan untuk mendapatkan preferensi konsumen terhadap nilai proses slow-fashion dengan menggunakan analisis AHP dan Expert ChoiceTM. Berdasarkan hasil penelitian, konsumen fashion lambat lebih memilih desain yang tidak mengikuti perkembangan zaman dalam proses merancang, kualitas didorong dalam proses produksi, dan consumer education dalam proses konsumsi. Merek yang paling disukai konsumen adalah Merek X. Oleh karena itu, rekomendasi dari riset ini ditujukan kepada perusahaan-perusahaan slow fashion di Indonesia. Hasil dari penelitian ini sebaiknya digunakan sebagai prioritas proses slow fashion berdasarkan preferensi konsumen. Kata kunci: Industri Mode, Merek Mode Indonesia, Slow Fashion;