Banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar mahasiswa, mulai dari faktor internal hingga
faktor eksternal. Motivasi merupakan salah satu komponen yang teridentifikasi pada faktor internal
mahasiswa yang bertujuan untuk menjamin kinerja mahasiswa dalam proses pembelajaran. Model
pembelajaran sebagai faktor eksternal berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa dan
pencapaian pemahaman mahasiswa. Namun, selama masa pandemi, mahasiswa S1 SBM ITB
mengalami penurunan motivasi belajar dan efektivitas semua model pembelajaran (online, offline dan
hybrid) masih kurang tereksplorasi. Terlepas dari tingkat motivasi mahasiswa dan model pembelajaran
yang diterapkan, mahasiswa tetap dituntut untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Untuk
memastikan prestasi mahasiswa tetap optimal, penelitian ini bertujuan untuk menentukan model
pembelajaran mana yang terbaik dan sesuai untuk diterapkan di Program Sarjana SBM ITB dan dapat
membantu mahasiswa meningkatkan motivasi dan prestasi belajarnya. Penelitian ini akan menganalisis
hubungan antara motivasi belajar (intrinsik dan ekstrinsik) terhadap prestasi belajar dan apakah model
pembelajaran (offline, online dan hybrid) memoderasi hubungan antara motivasi belajar dan prestasi
belajar. Penelitian ini juga menganalisis keefektifan tiga model pembelajaran (offline, online dan
hybrid) berdasarkan pengalaman dan persepsi mahasiswa. This study is based on primary quantitative
data. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, dan sebanyak 155 mahasiswa SBM ITB menjawab
angket tersebut. Hipotesis penelitian diuji dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi
linier berganda dan analisis regresi moderat. Dari hasil penelitian, motivasi belajar baik intrinsik
maupun ekstrinsik memiliki hubungan positif terhadap prestasi belajar dan model pembelajaran tidak
memoderasi hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis hasil,
Program Sarjana SBM ITB tidak perlu bingung memilih model pembelajaran karena tidak ada efek
moderasi yang diberikan model pembelajaran terhadap hubungan motivasi belajar dengan prestasi
belajar. Berdasarkan perbandingan efektivitas model pembelajaran, mahasiswa memiliki pengalaman
dan persepsi yang lebih baik terhadap pembelajaran offline dibandingkan dengan pembelajaran online
dan hybrid. Siswa lebih memilih pembelajaran offline karena memungkinkan lebih banyak keterlibatan
dan pemahaman dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar pembelajaran offline
merupakan model pembelajaran yang terbaik dan sesuai untuk diterapkan di Program Sarjana SBM
ITB.
Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Model Pembelajaran, Prestasi Belajar