digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pesawat tempur didesain untuk dapat melakukan manuver-manuver aerobatik agar dapat menjalankan berbagai misi yang melibatkan skenario pertempuran secara akurat. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem kendali otomatik yang mempermudah pilot melakukan manuver tersebut secara akurat. Sistem kendali didesain agar dapat memanipulasi karakteristik dinamik dari kondisi trim dan dapat melakukan perintah penjejakan/tracking terhadap variabel terbang tertentu. Tugas sarjana ini akan membahas pengembangan dari desain sistem kendali tracking untuk manuver belok, dimana algoritma kendali ditentukan dengan menggunakan teknik kendali optimal. Desain sistem kendali terbang akan berbasis pada model linear dinamika pesawat tempur F-4 Phantom. Sistem kendali dikembangkan dengan memodifikasi model dinamika pada pesawat, yaitu menambahkan variabel referensi tracking yang berhubungan dengan manuver belok ke dalam model state space persamaan dinamika pesawat, kemudian mendesain sistem kendali tracking dengan perangkat MATLAB/Simulink. Sistem kemudian dievaluasi melalui simulasi dengan melakukan variasi nilai pada variabel referensi tracking dan melakukan beberapa skenario manuver belok. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pemodelan dan simulasi yang telah dilakukan dapat memberikan performa tracking yang baik dan hasil trajektori pesawat pada skenario manuver yang ditetapkan.