Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, selain berfungsi sebagai sarana komunikasi, ponsel pintar atau gawaijuga menyediakan layanan hiburan salah satunya adalah mobile games. Bermain mobile gamessangat digemari oleh banyak kalangan usia terutamaanak-anak. Akan tetapi, bermain gamememiliki sifat adiktif dan anak usia sekolahdasar lebih sering dan lebih rentan mengalami kecanduan penggunaangawai untuk bermain gamedari pada orang dewasa.Kecanduan bermainmobilegamespada anakmemiliki sejumlah dampak negatif dikhawatirkan dapat mempengaruhi pola perilaku kesehariannya diantaranyamempengaruhiprestasi belajar, gangguan kesehatan hinggamempengaruhihubungan interpersonal anak terhadap lingkungannya. Olehsebab itudiperlukan mediayang menarikuntuk memberikan pesanmengenaidampak negatif perilaku kecanduan mobile gameskepada anak,dan salah satu media yangtepat untuk menyampaikan konten tersebutadalahanimasi. Media animasi dipilih dikarenakan animasi mampumenyampaikan pesan melalui visual dan dinamik sehingga menarik perhatian danmemberikan pengalaman yang berkesan pada anak, berisi gambaran nyata mengenai dampaknegatif kecanduan bermain mobile gamesdenganpendekatan edukatif, atraktif dan fantasi yang diminati anak sehingga dapat menjadi mediapenyampaian informasi dan motivasi secara tidak langsungkepada anak usia 6-12 tahunmengenai dampak negatif perilakukecanduan dalambermainmobile games.
Perpustakaan Digital ITB