digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Vania Elliya Ananda Wenno
PUBLIC Alice Diniarti

LIPI sebagai lembaga penelitian terbesar di Indonesia turut mengembangkan keilmuannya menjadi pusat ilmu pengetahuan. Dalam rangka pencapaian tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyediakan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) peneliti yang diperuntukan bagi peneliti serta pegawai di lingkungan LIPI Cibinong guna mendukung fasilitas penelitian. Berdasarkan observasi dan wawancara, terdapat informasi bahwa sistem pelayanan Rusunawa LIPI Cibinong belum optimal sehingga dibutuhkan perbaikan sistem pelayanan Rusunawa LIPI Cibinong. Berdasarkan hal tersebut, penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap sistem pelayanan Rusunawa LIPI Cibinong sebagai bentuk penyelesaian dari beragam keluhan yang datang dari penghuni serta pengelola Rusunawa Cibinong. Penelitian ini dikonstruksi berdasarkan siklus hidup jasa, yaitu pada tahap 1 (idea creation), digunakan studi pendahuluan serta landasan teori. Pada tahap 2 (voice of customer & business), dilakukan identifikasi atribut yang memengaruhi performa pelayanan dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner, yang mana terdapat 34 atribut kebutuhan pelanggan. Atribut kebutuhan tersebut kemudian dilakukan penerjemahan ke atribut teknis dengan menggunakan House of Quality dan model Kano, yang mana terdapat 10 atribut teknis. Pada tahap 3 (concept development), dilakukan penyusunan alternatif rancangan dengan melakukan identifikasi fungsi. Fungsi yang telah teridentifikasi dilakukan pemilihan alternatif rancangan dengan diskusi bersama pihak pengelola Rusunawa LIPI Cibinong. Pada tahap 4 (preliminary design), diperoleh 11 solusi yang terpilih dan dirancang secara detil untuk sistem layanan Rusunawa LIPI Cibinong.