digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Sitindaon. Febriana Melinda
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Sitindaon. Febriana Melinda
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Sitindaon. Febriana Melinda
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Sitindaon. Febriana Melinda
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Sitindaon. Febriana Melinda
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Sitindaon. Febriana Melinda
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Sitindaon. Febriana Melinda
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Sitindaon. Febriana Melinda
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Sitindaon. Febriana Melinda
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

2021 TA PP Sitindaon, Febriana M 1 - BAB 8.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

2021 TA PP Sitindaon, Febriana M 1 - BAB 9.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Sitindaon. Febriana Melinda
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Pelabuhan menjadi salah satu sarana transportasi penting yang berperan untuk mobilitas penumpang, barang, dan jasa dari satu daerah ke daerah lainnya. Pelabuhan Calabai yang terletak di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, menjadi salah satu pelabuhan yang memiliki peran sebagai tempat transportasi penumpang maupun barang (general cargo) khususnya bagi wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penulisan laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk melakukan perancangan struktur dermaga kargo tipe deck on pile di Pelabuhan Calabai, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Perancangan struktur ini meliputi struktur dermaga dan trestle pada Pelabuhan Calabai. Perancangan ini terdiri dari penentuan dimensi dermaga dan trestle, perancangan komponen dermaga (fender dan bollard), pemodelan elemen struktural, desain penulangan struktur, dan perhitungan daya dukung tanah. Pemodelan struktur dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SAP 2000 untuk mengetahui kehandalan desain struktur rencana terhadap beban-beban yang bekerja pada dermaga. Hasil pemodelan berupa unity check ratio (UCR), defleksi struktur, gaya dalam elemen struktural dermaga, serta reaksi perletakan. Pemeriksaan nilai UCR dilakukan dengan nilai optimal berada pada rentang 0,8 hingga 1,0. Sedangkan untuk gaya dalam elemen struktural digunakan sebagai dasar untuk melakukan penulangan elemen struktural dermaga.