digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nisrina Byan Paramitha
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Terminal Petikemas Surabaya merupakan pelabuhan yang terletak di Tanjung Perak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Terminal Petikemas Surabaya adalah salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang bergerak di bidang pelayanan jasa terminal petikemas dengan peralatan handling terlengkap di wilayah Indonesia Timur, yang menjadikan Pelabuhan Tanjung Perak menempati urutan ke-2 Pelabuhan tersibuk di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, Terminal Petikemas Surabaya menghasilkan kapasitas throughput terbesar bila dibandingkan dengan terminal petikemas lainnya di Pelabuhan Tanjung Perak, seperti PT Terminal Teluk Lamong dan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia. Pada Tugas Akhir ini membahas desain pola operasi dermaga, desain pola operasi lapangan penumpukan, penentuan kebutuhan transportasi horizontal, serta perhitungan biaya dan tarif penanganan peti kemas. Perancangan pola operasi dermaga meliputi perancangan kombinasi tambatan kapal di dermaga, penentuan jenis dan jumlah alat bongkar muat peti kemas di dermaga, perhitungan produktivitas alat bongkar muat, dan perhitungan kapasitas dermaga. Kapasitas dermaga terminal peti kemas yang dirancang adalah 1.502.982 TEU/tahun. Perancangan pola operasi di lapangan penumpukan meliputi penentuan orientasi penumpukan peti kemas, penentuan jenis dan jumlah alat atur lapangan penumpukan, perhitungan produktivitas alat atur lapangan penumpukan, dan perhitungan kapasitas lapangan penumpukan. Kapasitas lapangan penumpukan terminal peti kemas yang dirancang adalah 1.711.255 TEU/tahun. Penentuan kebutuhan alat transportasi horizontal meliputi penentuan jenis dan jumlah alat transportasi horizontal. Alat transportasi horizontal yang digunakan adalah 140 truk trailer, serta perhitungan biaya kapital dan penentuan tarif penanganan peti kemas meliputi perhitungan biaya total kapital, perhitungan total pengeluaran dan pemasukan per tahun selama payback period, dan penentuan tarif penanganan peti kemas.