ABSTRAK Nisrina Byan Paramitha
PUBLIC Irwan Sofiyan
COVER Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Nisrina Byan Paramitha
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terminal Petikemas Surabaya merupakan pelabuhan yang terletak di
Tanjung Perak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Terminal Petikemas Surabaya adalah
salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang bergerak di
bidang pelayanan jasa terminal petikemas dengan peralatan handling terlengkap di
wilayah Indonesia Timur, yang menjadikan Pelabuhan Tanjung Perak menempati
urutan ke-2 Pelabuhan tersibuk di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut,
Terminal Petikemas Surabaya menghasilkan kapasitas throughput terbesar bila
dibandingkan dengan terminal petikemas lainnya di Pelabuhan Tanjung Perak,
seperti PT Terminal Teluk Lamong dan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia. Pada
Tugas Akhir ini membahas desain pola operasi dermaga, desain pola operasi
lapangan penumpukan, penentuan kebutuhan transportasi horizontal, serta
perhitungan biaya dan tarif penanganan peti kemas. Perancangan pola operasi
dermaga meliputi perancangan kombinasi tambatan kapal di dermaga, penentuan
jenis dan jumlah alat bongkar muat peti kemas di dermaga, perhitungan
produktivitas alat bongkar muat, dan perhitungan kapasitas dermaga. Kapasitas
dermaga terminal peti kemas yang dirancang adalah 1.502.982 TEU/tahun.
Perancangan pola operasi di lapangan penumpukan meliputi penentuan orientasi
penumpukan peti kemas, penentuan jenis dan jumlah alat atur lapangan
penumpukan, perhitungan produktivitas alat atur lapangan penumpukan, dan
perhitungan kapasitas lapangan penumpukan. Kapasitas lapangan penumpukan
terminal peti kemas yang dirancang adalah 1.711.255 TEU/tahun. Penentuan
kebutuhan alat transportasi horizontal meliputi penentuan jenis dan jumlah alat
transportasi horizontal. Alat transportasi horizontal yang digunakan adalah 140 truk
trailer, serta perhitungan biaya kapital dan penentuan tarif penanganan peti kemas
meliputi perhitungan biaya total kapital, perhitungan total pengeluaran dan
pemasukan per tahun selama payback period, dan penentuan tarif penanganan peti
kemas.