digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Akbar Prasandhika
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Akbar Prasandhika
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Akbar Prasandhika
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Akbar Prasandhika
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Akbar Prasandhika
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Saat ini di era Globalisasi, era pengetahuan, seperti yang dikatakan oleh Mitchelle Kapor, “Mendapatkan informasi dari internet ibarat meminum minuman dari pipa pemadam kebakaran”. Artinya akan sangat kewalahan jika seseorang tidak melakukan pengelolaan dalam mendapatkan informasi yang menyebabkan tidak efektifnya tindakan untuk mencapai tujuan. Untuk menjawab tantangan permasalahan tersebut, disiplin ilmu manajemen membantu mereduksi ketidak jelasan dari mengapa, apa, bagaimana, dimana dan kapan perusahaan mengambil langkah. Sayangnya tidak setiap perusahaan membangun knowledge management. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa alasan sepert kurangnya informasi, ketidaksadaran tentang apa yang sudah mereka lakukan, tetapi mereka tidak tahu apa nilai pasti dari apa yang mereka lakukan. Hal ini dapat diselesaikan dengan mensosialisasikan pentingnya Knowledge Management dengan menilai maturity level dari perusahaan, mendefinisikan masalah, dan membuat strategi KM untuk diterapkan pada perusahaan. Tugas akhir ini berfokus pada menetapkan KM strategy yang dapat diimplementasikan di PT. Tridasa Prawira. Dimulai dengan KM Maturity level dengan metode APO KM Assessment, dilanjutkan dengan mengidentifikasi tantangan dan peluang perusahaan, dan ditutup dengan pemberian strategi KM untuk PT. Tridasa Prawira. Oleh karena itu, diharapkan hasil dari tugas akhir ini dapat menjadi salah satu strategi alternative terbaik untuk PT. Tridasa Prawira agar dapat menjadi suatu perusahaan/organisasi yang berkelanjutan.