Kesadaran sosial dan kecenderungan masyarakat untuk membantu sesama melalui donasi
semakin meningkat seiring dengan adanya pandemi COVID-19. Sejalan dengan peningkatan
kesadaran sosial, kegiatan donasi di berbagai platform digital, termasuk e-commerce, juga terus
meningkat. Sebagai salah satu pemain e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia secara
konsisten memberikan layanan donasi digital sebagai bentuk inovasi dalam teknologi filantropi
digital. Tokopedia dapat membangun citra positif bagi konsumen sebagai perusahaan yang
bertanggung jawab dan memberikan dampak sosial melalui kontribusi terhadap isu-isu yang
relevan. Program donasi digital mendatangkan berbagai manfaat namun juga memiliki
sejumlah tantangan. Survei Gopay dan Kopernik (2020) menunjukkan bahwa tingkat
penerimaan donasi secara daring melalui e-commerce cenderung rendah dibandingkan dengan
penerimaan melalui platform digital lainnya atau metode donasi secara offline. Kurangnya
kesadaran masyarakat, informasi yang kurang mencukupi, serta rasa skeptis terhadap program
juga menjadi tantangan bagi Tokopedia dalam menjalankan program donasi digital.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh atribut donasi digital terhadap citra
perusahaan dan menerapkan strategi donasi digital untuk meningkatkan citra perusahaan. Studi
eksplorasi yang dilakukan dengan metode wawancara dijadikan langkah awal untuk
menentukan atribut donasi digital yang dapat diukur sebagai variabel penelitian. Variabel
independen yaitu: (1) kepercayaan perusahaan, (2) kualitas informasi, dan (3) tingkat upaya
partisipasi, diperkirakan dapat mempengaruhi citra perusahaan sebagai variabel dependen. Data
dari 161 responden dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan secara online. Data
diolah menggunakan model analisis regresi berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh
masing-masing variabel independen terhadap citra perusahaan sebagai variabel dependen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas informasi dan tingkat upaya partisipasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan, sedangkan variabel kepercayaan
perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap citra perusahaan. Peningkatan kualitas informasi
dan kemudahan upaya partisipasi menjadi dasar untuk penyusunan strategi program donasi
digital. Tokopedia dapat memanfaatkan berbagai media digital, meningkatkan teknik
penyampaian informasi, dan memberikan informasi yang transparan untuk meningkatkan
kualitas informasi. Peningkatan kemudahan partisipasi dapat dilakukan melalui perbaikan
sistem, termasuk metode pembayaran dan menu donasi. Studi ini memberikan wawasan baru
untuk mendukung perkembangan filantropi digital di industri e-commerce, khususnya dalam
mengembangkan strategi layanan donasi digital.