digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kesadaran sosial dan kecenderungan masyarakat untuk membantu sesama melalui donasi semakin meningkat seiring dengan adanya pandemi COVID-19. Sejalan dengan peningkatan kesadaran sosial, kegiatan donasi di berbagai platform digital, termasuk e-commerce, juga terus meningkat. Sebagai salah satu pemain e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia secara konsisten memberikan layanan donasi digital sebagai bentuk inovasi dalam teknologi filantropi digital. Tokopedia dapat membangun citra positif bagi konsumen sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan memberikan dampak sosial melalui kontribusi terhadap isu-isu yang relevan. Program donasi digital mendatangkan berbagai manfaat namun juga memiliki sejumlah tantangan. Survei Gopay dan Kopernik (2020) menunjukkan bahwa tingkat penerimaan donasi secara daring melalui e-commerce cenderung rendah dibandingkan dengan penerimaan melalui platform digital lainnya atau metode donasi secara offline. Kurangnya kesadaran masyarakat, informasi yang kurang mencukupi, serta rasa skeptis terhadap program juga menjadi tantangan bagi Tokopedia dalam menjalankan program donasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh atribut donasi digital terhadap citra perusahaan dan menerapkan strategi donasi digital untuk meningkatkan citra perusahaan. Studi eksplorasi yang dilakukan dengan metode wawancara dijadikan langkah awal untuk menentukan atribut donasi digital yang dapat diukur sebagai variabel penelitian. Variabel independen yaitu: (1) kepercayaan perusahaan, (2) kualitas informasi, dan (3) tingkat upaya partisipasi, diperkirakan dapat mempengaruhi citra perusahaan sebagai variabel dependen. Data dari 161 responden dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan secara online. Data diolah menggunakan model analisis regresi berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh masing-masing variabel independen terhadap citra perusahaan sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas informasi dan tingkat upaya partisipasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan, sedangkan variabel kepercayaan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap citra perusahaan. Peningkatan kualitas informasi dan kemudahan upaya partisipasi menjadi dasar untuk penyusunan strategi program donasi digital. Tokopedia dapat memanfaatkan berbagai media digital, meningkatkan teknik penyampaian informasi, dan memberikan informasi yang transparan untuk meningkatkan kualitas informasi. Peningkatan kemudahan partisipasi dapat dilakukan melalui perbaikan sistem, termasuk metode pembayaran dan menu donasi. Studi ini memberikan wawasan baru untuk mendukung perkembangan filantropi digital di industri e-commerce, khususnya dalam mengembangkan strategi layanan donasi digital.