Di Indonesia dengan jumlah penduduk dan kepulauan yang besar, pengelolaan sampah
plastik masih menjadi masalah yang belum dapat diatasi. Berdasarkan data yang diperoleh
dari data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS)
tahun 2018, terdapat 64 juta ton sampah plastik di Indonesia setiap tahunnya. Dari jumlah
tersebut, 3,2 juta ton sampah plastik dibuang ke laut. Kemudian berdasarkan data yang
diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada artikel
Kompas (2020), persentase komposisi sampah plastik di Indonesia terus meningkat pada
kisaran lima hingga enam persen setiap tahunnya sejak tahun 2000. Bahkan berdasarkan
data Badan Pusat Statistik tahun 2018 pada artikel Gatracom (2019), 72% masyarakat
Indonesia tidak peduli dengan pengelolaan sampah dan indeksnya mencapai 0,72.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sikap yang didukung secara positif terhadap
niat pelanggan untuk membeli produk perusahaan sosial, menganalisis norma subjektif
didukung secara positif terhadap niat pelanggan untuk membeli produk perusahaan sosial
dan menganalisis kontrol perilaku yang dirasakan didukung secara positif terhadap niat
pelanggan untuk membeli. produk perusahaan sosial. Alat analisis data dalam penelitian
ini adalah SMART PLS. Faktanya, menurut Hair et al. (2013) PLS-SEM memiliki definisi
pendekatan berbasis varians yang memiliki orientasi prediktif yang berfokus pada
konstruksi endogen target dalam model dan berfungsi untuk memaksimalkan varians yang
mengukur nilai R2-nya. Menurut Hair et al. (2012) PLS-SEM memiliki peran penting
untuk penelitian dan praktik bisnis. Untuk mengukur semua variabel, penulis perlu
mengukur validitas dan reliabilitas. Menurut Hair et al. (2017a), ambang batas umum untuk
menunjukkan kriteria reliabilitas dalam Composite Reliability adalah 0,708. Menurut
Sarstedt et al. (2017), ambang batas umum untuk menunjukkan validitas dalam AVE
adalah 0,5.
Hasil penelitian menunjukkan sikap berpengaruh terhadap niat pelanggan dibuktikan
dengan hasil b = 0,423 dan nilai p 0,000 lebih kecil dari 0,001 sehingga sikap menjadi yang
paling berpengaruh terhadap niat konsumen. Pengendalian perilaku yang dirasakan
berpengaruh terhadap niat pelanggan dibuktikan dengan hasil b = 0,269 dan nilai p 0,000
lebih kecil dari 0,001. Norma subyektif berpengaruh terhadap niat pelanggan dibuktikan
dengan hasil b = 0.155 dan nilai p 0.043 lebih kecil dari 0.05.