digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di Indonesia dengan jumlah penduduk dan kepulauan yang besar, pengelolaan sampah plastik masih menjadi masalah yang belum dapat diatasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, terdapat 64 juta ton sampah plastik di Indonesia setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, 3,2 juta ton sampah plastik dibuang ke laut. Kemudian berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada artikel Kompas (2020), persentase komposisi sampah plastik di Indonesia terus meningkat pada kisaran lima hingga enam persen setiap tahunnya sejak tahun 2000. Bahkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2018 pada artikel Gatracom (2019), 72% masyarakat Indonesia tidak peduli dengan pengelolaan sampah dan indeksnya mencapai 0,72. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sikap yang didukung secara positif terhadap niat pelanggan untuk membeli produk perusahaan sosial, menganalisis norma subjektif didukung secara positif terhadap niat pelanggan untuk membeli produk perusahaan sosial dan menganalisis kontrol perilaku yang dirasakan didukung secara positif terhadap niat pelanggan untuk membeli. produk perusahaan sosial. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah SMART PLS. Faktanya, menurut Hair et al. (2013) PLS-SEM memiliki definisi pendekatan berbasis varians yang memiliki orientasi prediktif yang berfokus pada konstruksi endogen target dalam model dan berfungsi untuk memaksimalkan varians yang mengukur nilai R2-nya. Menurut Hair et al. (2012) PLS-SEM memiliki peran penting untuk penelitian dan praktik bisnis. Untuk mengukur semua variabel, penulis perlu mengukur validitas dan reliabilitas. Menurut Hair et al. (2017a), ambang batas umum untuk menunjukkan kriteria reliabilitas dalam Composite Reliability adalah 0,708. Menurut Sarstedt et al. (2017), ambang batas umum untuk menunjukkan validitas dalam AVE adalah 0,5. Hasil penelitian menunjukkan sikap berpengaruh terhadap niat pelanggan dibuktikan dengan hasil b = 0,423 dan nilai p 0,000 lebih kecil dari 0,001 sehingga sikap menjadi yang paling berpengaruh terhadap niat konsumen. Pengendalian perilaku yang dirasakan berpengaruh terhadap niat pelanggan dibuktikan dengan hasil b = 0,269 dan nilai p 0,000 lebih kecil dari 0,001. Norma subyektif berpengaruh terhadap niat pelanggan dibuktikan dengan hasil b = 0.155 dan nilai p 0.043 lebih kecil dari 0.05.