Dompet digital merupakan salah satu produk teknologi finansial. Di Indonesia, dompet digital masih
berada dalam tahap perkembangan. Banyak penyedia dompet digital yang tertarik untuk bergabung ke
dalam pasar setiap tahunnya. Karena itu, kompetisi diantara dompet digital semakin sengit, dan mereka
berfokus kepada akuisisi pelanggan. Promosi dilakukan, banyak kegiatan “membakar” uang untuk
membuat promosi. Tetapi, membakar uang tidak menjamin pelanggan akan bertahan menggunakan satu
dompet digital saja. Kepuasan pelanggan dilihat sebagai kunci utama dalam kesuksesan dan penggunaan
berkelanjutaan dalam konteks sistem informasi dan pasar digital. Studi ini bertujuan menginvestigasi
kepuasan pelanggan dari penggunaan dompet digital di Indonesia. Berfokus pada peran kepercayaan
dan meluaskan peran kepercayaan menjadi variabel mediasi.
Studi ini dilakukan di Indonesia, dan data diperoleh melalui kuesioner online. Responden harus
merupakan pengguna dompet digital dan memiliki usia 17 tahun keatas. Model dari studi ini diadopsi
dan dikembangkan dari studi sebelumnya oleh Geebren et al. (2021) dan juga dari model sukses sistem
informasi Delone dan McLean. Studi ini menggunakan Structural Equation Modeling dengan Partial
Least Squares (PLS-SEM) untuk menganalisa data.
Ditemukan faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan yaitu kepercayaan, kualitas sistem, kualitas
informasi, kualitas pelayanan dan jaminan structural. Riset ini menemukan bahwa kepercayaan secara
positif memengaruhi kepuasan pelanggan dan kepercayaan memegang peran penting dalam kepuasan
pelanggan. Dan juga menemukan bahya kepercayaan memediasi penuh hubungan antara kualitas
informasi, jaminan structural dan kepuasan pelanggan. Kepercayaan juga memediasi secara parsial
hubungan antara kualitas sistem, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan.
Selanjutnya, kepercayaan mendapatkan pandangan baru dan ditemukan bahwa kepercayaan memiliki
peran penting dalam kepuasan pelanggan. Lalu, untuk peyedia dompet digital, riset ini bisa menjadi
referensi karena kepuasan pelanggan adalah kunci kesuksesan dan penggunaan berkelanjutan dalam
konteks perdagangan digital. Oleh karena itu, studi ini menyarankan penyedia dompet digital agar dapat
meningkatkan kepuasan pelanggan. Peningkatan sistem, pelayanan dan keamanan dapat meningkatkan
kepuasan pelanggan. Karena kepercayaan memegang peran penting dalam kepuasan pelanggan,
penyedia dompet digital harus menjaga kepercayaan pelanggan.