Brand awareness merupakan salah satu aspek penting dalam konteks memperkenalkan sebuah
brand atau produk baru. Brand awareness merupakan aspek penting dalam sebuah kampanye
marketing. Brand awareness tidak hanya mengundang konsumen untuk membeli sebuah produk
untuk pertama kalinya, tetapi juga menciptakan keberlanjutan dan kesetiaan konsumen untuk
membeli sebuah produk yang ditawarkan sebuah brand/perusahaan. Sesuai dengan perkembangan
era digital dan ketergantungan masyarakat terhadap internet, banyak brand terutama brand dalam
industri fashion berkompetisi dalam membangun brand persona dan awareness mereka melalui
digital marketing. Dewasa ini, Instagram dipercaya sebagai sebuah platform sosial media yang
paling kuat untuk bisnis. Instagram menciptakan sebuah kompetisi yang ketat pada bisnis terutama
di dalam industri fashion. Kompetisi yang ketat ini mendorong semua brand untuk menciptakan
kampanye promosi yang inovatif melalui kampanye sosial media berbayar.
GGOOD sebuah perusahaan yang bergerak di industri Urban Traveling Bag dan telah berdiri sejak
2011, masih belum bisa mengembangkan brand awareness dan engagement nya. Brand awareness
dan engagement daripada brand GGOOD masih kalah jauh dengan para kompetitornya. Dalam
rangka untuk mendapatkan solusi yang baik, penelitian ini melakukan analisa internal dan eksternal
daripada perusahaan untuk mengidentifikasi kondisi internal perusahaan, kompetitor dan
konsumen. Dengan mengidentifikasi faktor faktor tersebut, maka dapat diputuskan akar
permasalahan yang dihadapi GGOOD adalah kurangnya aktivitas promosi melalui social media,
GGOOD masih kurang aktif dan juga kurang mengembangkan kegiatan promosi melalui sosial
media nya sehingga memberikan perbedaan perbedaan jauh antara GGOOD dan competitor
terhadap awareness. Padahal, dari segi kualitas, harga dan value proposition yang diberikan
GGOOD, GGOOD masih dapat berkompetisi dan setara dengan Visval dan Choral.
Solusi yang didapatkan dari akar permasalahan yakni dimana GGOOD perlu untuk
memaksimalkan kegiatan promosinya di Instagram terutama dalam mengoptimalisasikan
instagram strategi nya melalui kampanye sosial media berbayar. Dengan solusi yang di diajukan
pada penelitian ini, diharapkan dapat meningkatkan brand awareness dan engagement daripada
GGOOD di masa depan, sehingga GGOOD tidak kalah berkompetisi dengan kompetitornya. Di
dalam penelitian ini juga diajukan implementation plan dan budgeting plan untuk 3 bulan kedepan.