digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya

Abstrak
PUBLIC karya

Abstract
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB

BAB I
Terbatas karya
» ITB

BAB II
Terbatas karya
» ITB

BAB III
Terbatas karya
» ITB

BAB IV
Terbatas karya
» ITB

BAB V
Terbatas karya
» ITB

Menggunakan teknologi internet untuk melakukan aktivitas jual-beli atau ecommerce sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia di masa ini. Kondisi ini menjadi peluang bagi pelaku-pelaku usaha termasuk merek-merek pakaian di Indonesia untuk mengembangkan e-commerce-nya masing-masing, contohnya dalam bentuk website dan mobile website. Akan tetapi, diperlukan sebuah pendekatan yang tepat dalam mengembangkan sebuah mobile website dan salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah user-centered design (UCD). UCD mengutamakan peran dari pengguna selama proses perancangan untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Langkah pertama dalam UCD adalah mendefinisikan konteks penggunaan website. Setelah itu, perancangan masuk ke tahap pengumpulan kebutuhan dari calon pengguna. Kebutuhan-kebutuhan yang didapatkan akan diterjemahkan ke dalam bentuk desain yang berupa skenario pengguna, wireframe dan purwarupa. Pada akhirnya, purwarupa dari rancangan mobile website yang dihasilkan akan diuji aspek kegunaannya oleh responden-responden terpilih menggunakan uji skenario dan system usability scale (SUS). Pembuatan rancangan mobile website pada tugas akhir ini akan menggunakan studi kasus merek pakaian bernama BEND STUDIOS.