digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Employee engagement telah menjadi satu topik penting dalam kajian manajemen Sumber Daya Manusia, karena berkaitan dengan loyalitas dan semangat karyawan dalam bekerja, yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Employee Engagement Driver dan Personal Value (additional Engagement Driver) terhadap Engagement Behavior yaitu SAY (Mengatakan hal positif tentang organisasi kepada rekan kerja, calon karyawan, dan pelanggan), STAY (Rasa memiliki yang kuat dan keinginan untuk menjadi bagian dari organisasi) Selain itu, STRIVE (termotivasi dan memiliki upaya yang besar untuk berkontribusi pada kesuksesan bisnis) pada Guru Sekolah Alam Bandung. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif Kuantitatif dengan teknik analisis Regressi Berganda. Data yang diolah terlebih dahulu dilakukan Test Validitas, Reliabilitas, Multikolineritas, Autokorelasi dan Heterokedasitas. Hasil test telah memenuhi syarat untuk dilakukan analisis lebih lanjut. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus (total sampling) dengan mengambil seluruh sample dengan jumlah 34 orang guru Sekolah Alam Bandung. Hasil uji Determinasi ( R Square) menunjukkan bahwa seluruh variable operasional Employee engagement Driver yang terdiri dari Company Brand, Leadership, Performance, the Work, the Basic, Company Practice dan Personal Value berpengaruh secara simultan (mempengaruhi secara bersama – sama) baik terhadap Say , Stay maupun Strive Behaviour, dengan nilai masing-masing sebesar 91,8%, 92,2% dan 83,8%. Hasil uji “t” menunjukkan bahwa yang paling berpengaruh terhadap Say Behavior adalah Company Brand (Reputasi). Sedangkan Engagement Drivers yang paling mempengaruhi Stay Behavior adalah Company Practice (Diversity & Inclusion and Communication). Selain itu, Engagement Drivers yang paling mempengaruhi Strive adalah Leadership (Coaching). Berdasarkan hasil temuan tersebut, rekomendasi tindak lanjut telah dituangkan dalam Implemenasion Plan yang terdiri dari 10 kegiatan untuk dilaksanakan dalam 1 tahun (12 bulan).