digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Persaingan bisnis dalam industri alas kaki sangatlah menantang. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan manufaktur sepatu yang memiliki konsumen dengan brand sepatu ternama dunia. Untuk dapat bersaing dari kompetitornya, PT XYZ harus dapat memenuhi standar penilaian performa dari konsumennya. Standart performa tersebut memiliki beberapa aspek penilaian, salah satunya penilaian pengelolaan sumber daya manusia. Pada Penilaian pengelolaan sumberdaya manusia dalam kategori sistem pengelolaan kinerja, PT XYZ tidak mencapai target. Kriteria sistem evaluasi dan aktivitas evaluasi PT XYZ dalam sistem pengelolaan kinerja nya menjadi hal yang harus diperbaiki agar mencapai target penilaian yang sudah ditentukan. Tinjauan dilakukan terhadap kriteria penilaian dan kondisi PT XYZ pada saat ini untuk memperbaiki sistem manajemen kinerja. Kriteria penilaian yang diulas terkait dengan sistem evaluasi dan aktivitas evaluasi. Untuk melihat kondisi PT XYZ pada sistem evaluasi dan aktivitas evaluasinya, dilakukan pengumpulan data melalui dokumen internal perusahaan dan melakukan wawancara. Analisa dilakukan terhadap kriteria penilaian, kondisi saat ini, dan literatur yang terkait dengan system evaluasi dan aktivitas evaluasi. Dari analisa tersebut didapatkan bahwa terdapat kesenggangan pada siklus manajemen kinerja dan penilaian kinerja untuk level operator. Untuk memperbaiki sistem manajeman kinerja, siklus manajemen kinerja PT XYZ diusulkan untuk menjadi dua kali dalam setahun. Penilaian kinerja untuk level operator dinilai berbasiskan hasil dan berbasis perilaku. Dalam menilai kinerja hasil dan perilaku operator ditetapkan atasan langsung sebagai penilai. Hasil penilaian kinerja untuk operator dapat digunakan sebagai referensi kunci untuk pengambilan keputusan dalam pemberian insentif dan promosi, sehingga penilaian dapat menjadi pesan yang jelas dalam membedakan kinerja seorang pegawai.